10 Plugin WordPress Penting yang Harus Di Instal Saat Pertama Anda Membuat Website

Saat kita memilih WordPress sebagai CMS pilihan kita untuk website pertama yang kita buat, maka harus dipastikan beberapa plugin WordPress penting berikut ini harus di instal di website kita. Sebelum ke pembahasan, mungkin pertanyaan ini akan muncul dibenak kita saat kita memilih WordPress untuk website pertama kita, pertanyaan tersebut seperti kenapa memilih WordPress? Apakah tidak ada CMS lain yang ingin dipilih? Jangan khawatir, kita tidak sendirian, saat ini ada sekitar 26% website di Internet menggunakan WordPress.

 

Plugin WordPress Penting

Plugin WordPress yang Sebaiknya Di Instal di WordPress Saat Pertama Membuat Website

 

WordPress sendiri adalah salah satu CMS yang terbaik, terlebih dalam hal memanajemen konten, selain itu ada hal lain yang menjadikannya sebagai pilihan utama banyak orang, apakah itu? Yaitu akses menuju ke puluhan ribu plugin gratis dan berbayar.

 

Plugin WordPress Penting yang Harus Di Instal di WordPress Saat Pertama Membuat Website

Mungkin kita akan bertanya-tanya, apa saja plugin WordPress terbaik yang bisa meningkatkan kinerja website kita. Asal tahu saja bahwa beberapa pemilik website yang menggunakan jasa pembuatan website pun tidak tahu plugin WordPress penting seperti apa yang harus di instal di websitenya.

 

Sebelum ke pembahasan utama, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa walaupun WordPress memiliki akses ke puluhan ribu plugin gratis maupun berbayar, bagi kita yang ingin menggunakan plugin berbayar, ada baiknya kita membelinya dan bukan menggunakan versi nulled. Hal tersebut bisa berdampak buruk tentunya terhadap website kita, untuk lebih lengkapnya lagi baca pembahasan dalam artikel yang berjudul Bahaya Menggunakan Plugin dan Themes WordPress Nulled berikut ini.

 

Berikut ini ada beberapa Plugin WordPress penting yang bisa menjadi pertimbangan kita untuk menginstalnya atau tidak di website kita saat kita pertama kali membuat website dengan WordPress. Cari tahu beberapa plugin-plugin WordPress terbaik berikut ini :

 

1. JetPack

Plugin yang bernama JetPack berikut ini sangatlah penting untuk kita instal, JetPack memberikan banyak sekali fitur untuk membuat kinerja website kita menjadi optimal. Terkait dukungan, pihak developer JetPack sangat bisa diandalkan untuk memperbaiki beberapa masalah yang terjadi di website kita.

 

Jika anda ingin tahu, pernah ada beberapa masalah yang terjadi di website Meetechno ini berkaitan dengan plugin JetPack, saat masalah itu terjadi, kami menghubungi pihak developer JetPack untuk membantu memperbaiki masalah di website ini, hanya dalam beberapa hari masalah di website ini dapat teratasi. Kami pun merekomendasikan untuk menginstal plugin JetPack di WordPress, karena JetPack adalah plugin WordPress penting (walaupun di instal untuk website pertama kali).

 

Jetpack Plugin

Jetpack Plugin via Jetpack by WordPress.com

2. Akismet

Tidak pernah kita bayangkan apabila kita selama sehari penuh mengurus komentar-komentar yang berdatangan di website kita. Itu jika komentar baik yang datang, maka kita mungkin saja tidak terasa berat apabila mengurusnya, namun apa yang akan terjadi apabila komentar yang berdatangan adalah komentar SPAM?

 

Plugin Akismet ini adalah plugin WordPress penting dan terbaik yang bisa mengurus segala hal tentang komentar SPAM di website kita, jadi untuk berjaga-jaga apabila ada komentar SPAM yang datang di website kita, maka pastikan kita menggunakan plugin ini saat hari pertama kita membuat website pertama kali menggunakan WordPress.

 

Akismet

Akismet Plugin via Akismet

 

3. All In One SEO Pack

Plugin berikut ini juga sama pentingnya dengan plugin Akismet yang dibahas diatas tadi, pastikan menggunakan plugin bernama All In One SEO Pack untuk pertama kali. Dengan 30 juta download, plugin ini berhasil membuat namanya menjadi plugin yang sangat populer di WordPress Plugin.

 

Plugin ini mengoptimalkan kinerja website kita di mesin pencari, dari sitemap sampai pengubah judul secara cepat, plugin ini mampu melakukannya.

 

4. W3 Total Cache

Plugin WordPress penting W3 Total Cache ini sangat bagus untuk di instal di website kita. Mungkin plugin ini banyak diabaikan oleh beberapa orang yang tidak memahami manfaat dari caching, namun jika kita mengerti dan memahami manfaat dari caching, maka pastikan plugin ini di instal di website kita.

 

Dengan kemampuan untuk meningkatkan website seperti kecepatan halaman dan juga pengalaman pengguna, maka tentunya kita tidak punya alasan untuk tidak menginstal plugin ini, ini adalah plugin WordPress penting yang harus di instal. Plugin ini pun memberikan dampak positif pada peringkat website kita di mesin pencari, dan tentunya menguntungkan untuk kita dan juga pembaca setia website kita.

 

5. Really Simple CAPTCHA

Kita semua pasti sudah tau dengan CAPTCHA, saat kita ingin meninggalkan sebuah komentar atau ingin mengirim email melalui kontak, tentu saja ada CAPTCHA yang akan muncul, sebuah kode berbagi bentuk yang harus kita pecahkan untuk melanjutkan tindakan kita sebelumnya seperti berkomentar, download, atau yang lainnya.

 

Dengan plugin Really Simple CAPTCHA ini, kita tidak perlu mengurus komentar dan formulir kontak berupa SPAM, plugin ini juga membantu untuk mencegah website kita dari banyak serangan komentar SPAM, yang dimana kedua hal tersebut adalah suatu masalah yang mengakibatkan website kita down.

 

Sangat mudah menginstal plugin WordPress ini, dan plugin ini memiliki rating sekitar 4.3 dari 5. Jika kita mencari plugin yang memberikan CAPTCHA yang sederhana, maka kita harus menginstal plugin ini, karena plugin ini pilihan terbaiknya.

 

6. Google XML Sitemaps

Plugin ini membantu website kita untuk menghasilkan XML sitemap khusus yang akan membantu mesin pencari untuk mengindeks website kita dengan cepat dan lebih baik.

 

Bagi sebagian developer, mungkin ada beberapa yang melakukan hal tersebut secara manual, namun dengan adanya plugin ini kita bisa membuat sebuah sitemap XML dengan cepat, dan dapat menjamin bahwa mesin pencari dapat menemukan dan mengindeks halaman website serta post website yang telah kita publish.

 

Tanpa plugin ini, mungkin saja website kita harus bersusah payah untuk bisa berada dalam pencarian di mesin pencari, itulah kenapa plugin ini wajib di instal saat pertama kali kita membuat website dengan WordPress.

 

Google XML Sitemaps

Google XML Sitemaps Plugin via Google XML Sitemaps

 

7. Wordfence Security

Keamanan di website kita adalah satu-satunya hal yang harus kita waspadai dan juga kita khawatirkan. Kita akan menghadapi berbagai masalah keamanan saat menggunakan WordPress, seperti contohnya saat seseorang mendapatkan password login ke website kita, atau lenyapnya semua konten-konten kita, dan berbagai macam masalah keamanan lainnya.

 

Untuk mengatasi masalah tersebut, kita bisa menginstal plugin ini di website kita. Plugin ini memberikan beberapa fitur-fitur seperti :

  • Firewall
  • Keamanan Login
  • Pemantauan Website
  • Dan lainnya.

 

Masalah keamanan bukanlah suatu masalah yang hanya bisa kita pikirkan sekali saja, masalah keamanan bisa saja datang kapanpun dan berkali-kali, dan kita selaku pemilik website harus lebih siaga apabila sesuatu terjadi dengan website kita, oleh karena itu kenapa kita menginstal plugin ini. Plugin WordPress penting ini bisa jadi pertimbangan kita saat membuat website pertama kita dengan WordPress.

 

8. Contact Form 7

Contact Form 7 ini tentunya dikenal karena plugin ini adalah salah satu plugin form terbaik, plugin ini sangat sederhana, fleksibel dan juga mampu menangani segala kebutuhan kita.

 

Sesuatu yang terbaik dari plugin ini adalah plugin ini memiliki kemampuan untuk menyesuaikan bentuk pada form nya. Segala sesuatu yang dibutuhkan ditata dengan baik oleh plugin ini. Plugin ini memiliki 1 juta lebih pemasangan yang aktif.

 

Contact Form 7

Contact Form 7 Plugin via Contact Form 7

 

9. Broken Link Checker

Khawatirkah kita saat menemukan link yang rusak di postingan atau halaman website kita? Mungkin saja kita bisa memeriksa masalah yang terjadi satu-per-satu, namun tentunya itu akan membutuhkan waktu yang lama. Namun, dengan plugin WordPress penting berikut ini, kita bisa mencari link rusak tersebut dengan cepat.

 

Plugin ini telah dipasang lebih dari 400.000 kali, dan hal tersebut membuat plugin ini lebih di favoritkan dibandingkan plugin sejenis.

 

10. WP Google Maps

Apakah website kita membutuhkan Google Maps untuk memberitahu lokasi tertentu? Jika ya, maka plugin ini adalah jawabannya. Plugin WordPress penting ini bisa kita instal di website kita dengan mudah.

 

Plugin ini bisa kita gunakan pada halaman kontak, dan juga membantu untuk para pembaca menemukan lokasi kita, seperti kantor, ataupun toko. Plugin ini juga memiliki lebih dari 300.000 pemasangan aktif.

 

WP Google Maps

WP Google Maps Plugin via WP Google Maps

 

Kesimpulan

Sebenarnya masih ada ratusan ribu plugin lainnya yang juga bagus untuk kita instal ke website WordPress kita, namun beberapa plugin diatas mungkin bisa menjadi pertimbangan yang baik untuk kita saat membuat website WordPress untuk pertama kali. WordPress sendiri adalah satu sistem manajemen konten yang paling bagus dan terbaik untuk kita gunakan, selebihnya kita juga bisa mengakses begitu banyak plugin disana.

 

Sebagai pemula saat membuat website, menggunakan WordPress adalah salah satu jalan terbaik yang bisa kita pilih, menggunakan WordPress pun juga bisa membuat hidup kita jauh lebih mudah dibandingkan kita membuat website secara manual (misal melakukan coding).

 

Dari beberapa plugin yang disebutkan diatas tadi, apakah ada plugin yang terlihat familiar dengan anda? atau sudah pengalaman dengan plugin-plugin tersebut? Tuliskan cerita pengalaman anda dengan plugin-plugin tersebut pada kolom komentar di bawah ini.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan