3 Plugin WordPress Untuk Membuat Toko Online Paling Terbaik

Banyak orang saat ini sedang bersemangat mengembangkan toko online nya, bukan karena ingin cepat mendapatkan keuntungan, namun karena ingin membangun aset berharga untuk kedepan nya. Banyak pilihan untuk membuat toko online, salah satunya dengan menggunakan WordPress, di dalam WordPress tentunya ada banyak plugin WordPress untuk membuat toko online yang bisa kita gunakan dalam membangun toko online kita.

 

Plugin WordPress Untuk Membuat Toko Online

Membuat Toko Online Dengan Bantuan Dari Plugin WordPress Terbaik

 

Sebelum menggunakan semua plugin WordPress untuk membuat toko online kita nantinya, ada baiknya kita perlu memilih terlebih dahulu plugin yang memang benar-benar terbaik, karena memilih plugin eCommerce yang tepat akan sangat penting untuk bisnis kita dan lebih banyak kesempatan untuk berkembang dan efektif.

 

Apa saja pilihan terbaik dari plugin WordPress untuk membuat toko online yang bisa kita gunakan? Berikut ini ada beberapa pilihan plugin WordPress yang bisa kita gunakan sebagai alat untuk membantu membangun dan mengembangkan toko online kita. Tapi sebelum itu, ada yang lebih harus diperhatikan sebelum menggunakan plugin, berikut pembahasan nya.

 

Tidak Boleh Sembarangan Dalam Memilih Plugin WordPress Untuk Membuat Toko Online, Perlu Lebih Diperhatikan Saat Memilih

Kenapa dikatakan bahwa kita tidak boleh sembarangan dalam memilih plugin eCommerce di WordPress? Ya, itu karena semua plugin eCommerce tidak semuanya memiliki fitur penting untuk digunakan, terlebih lagi dalam membuat toko online. Kenapa? Itu karena beberapa plugin eCommerce ada yang lebih pas untuk menjual produk-produk seperti eBook, foto, musik, aplikasi.

 

Bagi kita yang menggunakan plugin WordPress untuk membuat toko online dan menjual barang fisik di dalamnya, maka tentunya perlu plugin yang membutuhkan pengiriman dan manajemen persediaan. Apabila kita mencari plugin yang bisa mengurus keduanya, pasti pilihannya akan banyak namun agak lebih sedikit dari plugin eCommerce lainnya.

 

Apabila kita sudah menemukan plugin yang pas digunakan untuk membuat toko online, maka kita perlu mempertimbangkan budget penggunaan yang harus kita alokasi kan untuk plugin tersebut. Untuk lebih membuat kita nyaman dalam penggunaan plugin tersebut, pastikan plugin itu memiliki metode pembayaran yang bisa kita gunakan dengan mudah.

 

Beberapa plugin eCommerce tentunya tidak akan sama atau sepaket dengan tema yang digunakan, oleh karena itu pastikan bahwa plugin yang kita pilih dapat bekerja dengan baik dengan tema yang kita gunakan. Apabila kita kesulitan dalam mengelola plugin tersebut, termasuk toko online nya, maka sangat disarankan untuk menyewa web developer yang dapat mengelola toko online kita.

 

Terakhir dan paling penting, harus dipastikan bahwa plugin yang dipilih memiliki sistem pendukung atau customer support yang nantinya dimana kita bisa mendapatkan bantuan apabila plugin yang digunakan tidak bekerja dengan baik.

 

Seperti Apa Langkah Pertama Dalam Menjalankan Toko Online ?

Saat pertama menjalankan toko online tentunya langkah yang dilakukan bukanlah langsung berjualan, itu salah (berbeda jika toko yang dibangun di sosial media, bisa langsung berjualan disana). Karena untuk membuat website toko online, tentunya diperlukan sebuah domain dan juga hosting yang bagus dan kuat untuk menyimpan banyak sekali data yang berhubungan dengan toko online kita nantinya. Pastikan kita memilih hosting yang benar-benar bagus dan memiliki fitur-fitur lengkap.

 

Jika kita memiliki budget yang sangat besar dan menginginkan hosting yang memiliki performa terbaik, server kuat, maka pilihan terbaik yang bisa dipilih untuk menggunakan penyedia WordPress Hosting adalah seperti WPEngine.

 

Saat semua hal sudah kita lakukan, maka saatnya kita memasang tema dan plugin WordPress untuk membuat toko online kita agar bisa menjadi lebih baik. Untuk pemilihan tema, kita bisa mencarinya di WordPress atau di beberapa website pencarian tema sejenis lainnya, dan untuk plugin WordPress, berikut ini beberapa pilihan nya yang bisa kita gunakan untuk membangun toko online kita agar memiliki performa yang lebih baik.

 

1. Easy Digital Downloads

Easy Digital Downloads

Tampilan Easy Digital Downloads via easydigitaldownloads.com

 

Plugin WordPress untuk membuat toko online ini memudahkan kita menjual produk digital secara online dengan menggunakan WordPress, dan plugin tersebut tentunya memiliki fitur yang menarik yang bisa kita gunakan untuk membuat toko produk digital yang sangat bagus dan fungsional. Lalu, apa kelebihan nya ?

 

Untuk mempelajari cara menjual dan strategi pemasaran produk digital, anda bisa mempelajarinya di artikel yang berjudul Strategi Pemasaran produk Digital: Membuat dan Menjual Produk Digital Secara Online berikut ini.

 

Kelebihan Easy Digital Downloads

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari plugin Easy Digital Downloads.

  • Lebih Bagus Saat Menjual Produk Digital – Plugin ini memang lebih di khususkan untuk menjual produk digital, karena plugin ini tidak seperti plugin eCommerce lainnya yang bisa menjual semua jenis produk. Sangat bagus untuk menggunakan plugin ini apabila kita ingin menjual produk digital, seperti eBook, foto, video, aplikasi, dan lainnya yang serba digital.
  • Lebih Mudah Digunakan – Plugin ini sangat mudah untuk digunakan, terlebih lagi penggunaan nya akan langsung ditunjukan cara penambahan produk serta menampilkan produk.
  • Banyak Ekstensi yang Tersedia – Ada banyak ekstensi yang bisa kita gunakan yang tersedia di plugin ini, Addonss untuk banyak metode pembayaran, platform, dan penambahan fitur tambahan.
  • Tema – Mungkin plugin ini dapat bekerja hampir di seluruh tema WordPress, namun apabila kita tidak memiliki tema WordPress, maka plugin ini juga memiliki tema yang bisa kita gunakan untuk dapat bekerja dengan plugin tersebut.

 

Kekurangan Easy Digital Downloads

Berikut ini adalah kekurangan dari plugin Easy Digital Downloads.

  • Hanya Khusus Produk Digital – Ya mau bagaimana lagi, plugin ini hanya bisa digunakan untuk menjual produk digital.

 

Saat kita ingin menjual produk digital, maka plugin ini sangat bagus untuk kita pilih. Ada banyak toko online yang menjual produk digital yang sudah sukses dengan menggunakan plugin ini. Jadi apakah yang berikutnya adalah anda ?

 

2. WooCommerce

WooCommerce

Tampilan Logo dari WooCommerce via woothemes.com/woocommerce

 

Siapa yang tidak kenal dengan plugin ini, plugin WordPress untuk membuat toko online yang bernama WooCommerce ini adalah salah satu plugin yang terbaik dan juga populer. Ada banyak sekali tema dan juga addons yang bisa kita gunakan di WooCommerce ini, mereka juga tentunya memiliki banyak pengguna dan pengembang besar yang membantu mengembangkan plugin tersebut. Plugin ini pun juga sangat membantu kita untuk meningkatkan penjualan toko online kita, dengan bantuan-bantuan dari fitur-fitur yang plugin tersebut miliki.

 

Untuk mempelajari bagaimana cara meningkatkan penjualan di toko online, maka artikel yang berjudul 4 Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online ini sangat bagus untuk anda baca.

 

Plugin WordPress untuk membuat toko online ini sangat bagus sekali untuk digunakan apabila kita ingin menjual produk fisik. Apakah ada kelebihan dan kekurangan nya? Tentu saja ada.

 

Kelebihan WooCommerce

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari plugin WooCommerce.

  • Tema dan Ekstensi – WooCommerce tentunya menyediakan tema dan juga ekstensi yang sangat banyak sekali  (sekitar ratusan) yang bisa kita gunakan untuk mempermudah kita untuk menambah fitur baru di toko online kita.
  • Mendukung Produk Fisik dan Digital – Tidak seperti plugin sebelumnya, WooCommerce tentunya mendukung penjualan produk fisik dan juga digital (eBook, musik, software).
  • Affiliate – WooCommerce tentunya menyediakan afiliasi atau produk eksternal ke toko online kita. Para Affiliate Marketer nantinya akan membuat halaman produk yang memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.
  • Pembayaran Serta Pengiriman Lebih Mudah – WooCommerce menyediakan metode pembayaran seperti PayPal, dan menyediakan metode pembayaran lainnya untuk dapat menggunakan ekstensi.

 

Kekurangan plugin WooCommerce

Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari plugin WooCommerce.

  • Terlalu Banyak Addonss – Kadang, banyaknya addonss yang tersedia di plugin ini, membuat beberapa pengguna nya sulit dan bahkan tidak bisa menemukan addons yang tepat untuk fitur yang mereka butuhkan di toko online nya.
  • Tema – Walaupun WooCommerce bekerja dengan tema WordPress, namun tetap saja hanya tema yang menyediakan fitur WooCommerce saja yang bisa menggunakan plugin tersebut. Apabila tema yang diinginkan tidak memiliki fitur tersebut, maka apa boleh buat tentunya kita harus memilih tema yang lain.

 

3. Shopify

Shopify

Tampilan Logo dari Shopify via shopify.co.id

 

Shopify ini adalah sebuah platform eCommerce yang sangat bagus dan sedang berkembang pesat. Bingung kah kenapa Shopify tertera di dalam daftar ? Ya, sebelumnya memang Shopify adalah sebuah platform yang berdiri sendiri, namun Shopify kini sudah menyediakan plugin yang langsung terintegrasi dengan WordPress. Lalu, seperti apakah kelebihan dan kekurangan plugin Shopify ini ?

 

Kelebihan Plugin Shopify

Berikut ini beberapa kelebihan dari plugin Shopify.

  • Penggunaan Sangat Mudah – Ketakutan para pemilik toko online adalah saat mengintegrasikan dengan metode pembayaran berbeda, pengiriman dan lainnya. Jangan khawatir, karena Shopify akan menangani itu semua.
  • Mendukung Produk Fisik dan Digital – Apabila kita menjual produk fisik maupun digital, Shopify dapat menangani itu semua.
  • Pilihan Pembayaran Serta Pengiriman – Shopify tentunya menerima pembayaran kartu kredit baik online maupun langsung.
  • Inventory Manajemen Lengkap – Shopify tentunya melengkapi dirinya dengan inventory editor dan bulk importer yang dikombinasikan dengan order tracker yang dapat memudahkan pengelolaan persediaan produk kita, sehingga bisa menjadi lebih mudah.
  • Buy Button – Shopify telah terintegrasi dengan banyak platform lainnya, misalnya Facebook, Pinterest, dan Twitter. Kita bisa menambahkan buy button disana, kita bisa melakukan semuanya dengan Shopify.

 

Kekurangan Plugin Shopify

Berikut ini beberapa kekurangan dari plugin Shopify.

  • Biaya Bulanan – Shopify tentunya mengenakan biaya bulanan untuk menggunakan platform tersebut. Dan itu tentunya akan sebanding dengan pembelian hosting serta addonss dari plugin tersebut.
  • Pembayaran di Shopify – Kita akan menggunakan pembayaran yang di dukung oleh Shopify, dan apabila kita ingin menggunakan sistem eksternal, maka kita akan dikenakan biaya tambahan oleh Shopify.

 

Namun asyiknya menggunakan Shopify adalah kita tidak akan pernah berurusan dengan masalah teknis, karena Shopify akan mengurus itu semua. Sementara biaya bulanan mungkin akan terasa berat saat diawal, namun itu semua tidak akan terasa apabila kita sudah menggunakan Shopify dengan lama dan memberikan banyak keuntungan untuk kita. Biaya bulanan pun akan tertutupi dengan keuntungan yang kita dapatkan.

 

Kesimpulan

Ada banyak pilihan plugin WordPress untuk membuat toko online yang bisa dipilih, namun pastikan plugin yang dipilih dan digunakan haruslah bermanfaat untuk toko online kita. Misalnya jika kita ingin bisa kontrol semuanya (pengiriman, pembayaran, dan lainnya) dengan maksimum di toko online kita, maka WooCommerce bisa jadi pilihan.

 

Namun apabila kita hanya ingin menjual produk-produk digital saja, dan khusus hanya di produk digital, maka kita bisa menggunakan Easy Digital Downloads. Dan apabila kita inginkan pengaturan yang cepat serta terbebas dari urusan teknis, maka kita bisa menggunakan Shopify sebagai plugin WordPress untuk membuat toko online kita. Semua itu kembali kepada kita, ingin menggunakan plugin yang mana, pastikan saja plugin tersebut membawa keuntungan untuk kita, sehingga biaya penggunaan tertutupi dengan keuntungan.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan