Mengatasi Permasalahan Akun Iklan Facebook yang Terkena AME (Ads Manager Error) – Part 1

AME. Apa itu AME? Nama orangkah? Bukan. AME sebenarnya adalah singkatan dari Ads Manager Error yang biasa terjadi saat akun iklan ditandai telah melanggar pedoman beriklan oleh Facebook. Sebelum ke pembahasan, mari kita berbincang-bincang dulu terkait permasalan terkena AME (Ads Manager Error) ini.

 

Mengatasi AME (Ads Manager Error) di Facebook

Ini mungkin ekspresi kita saat tahu bahwa akun iklan terkena AME

 

Dalam beberapa minggu terakhir ini tim keamanan Facebook secara besar-besaran sedang menonaktifkan akun-akun pengiklan mereka karena masalah besarnya jumlah akun iklan penipuan (Akun Kloning). Masalahnya adalah akun yang tidak palsu juga bisa terpengaruh oleh hal tersebut.

 

Ada orang yang menggunakan akun palsu untuk beriklan, lalu yang tidak menggunakan juga terkena imbasnya. Begitulah yang terjadi. Jadi jangan heran ketika anda sekarang atau kemarin-kemarin terkena AME (Ads Manager Error) padahal iklan yang anda buat belum sempat jalan tapi sudah dinonaktifkan akun iklannya.

 

Jika anda mengalami masalah tersebut, jangan merasa sendiri. Masih ada orang-orang yang bernasib sama seperti anda, dan juga saya (pernah kena AME). Bahkan pencarian Google Trends 90 hari terakhir saja dari Maret 2017 ini pencarian terkait AME menyentuh 100 poin pada data di Google Trends 90 hari terakhir, khusus pencarian Indonesia.

 

Berikut datanya :

Data Terkena Ads Manager Error

Kalau terkena AME. Ingat satu hal. Kita tidak sendirian.

 

Jadi mari kita mulai pembahasan terkait masalah AME (Ads Manager Error) ini agar kita nantinya tidak terkena lagi masalah yang sama seperti yang sedang dihadapi atau telah dilalui.

 

Pernahkah mendapatkan peringatan berupa pesan seperti ini?

Your account has been disabled. Your ads have been stopped and should not be run again. We disable an account if too many of its ads violate our Terms of Use. We cannot provide you with the specific violations that have been deemed abusive. Please review our Terms of Use and Advertising Guidelines if you have further questions.

 

Atau seperti ini.

 

“Your ad account has recently been flagged because of unusual activity. for security reasons, any ads you’re running will be paused until you can confirm your account information. contact Facebook.”

 

Atau pesan peringatan lainnya yang mirip seperti kalimat-kalimat diatas. Pernah? Itulah namanya AME (Ads Manager Error). Sedih memang rasanya ketika mengetahui bahwa akun iklan andalan terkena AME. Tapi jangan khawatir, karena kita masih bisa mengajukan banding ke pihak Facebook.

 

Langkah yang harus kita lakukan untuk mendapatkan akun iklan kita kembali adalah dengan mengirimkan formulir ke Facebook yang bisa diakses melalui link berikut: https://www.facebook.com/help/contact/531795380173090

 

Lalu Kenapa Akun Saya Bisa Terkena AME (Ads Manager Error) Padahal Tidak Melakukan Hal-hal yang Melanggar Aturan?

Beberapa alasan kenapa ketika kita mau beriklan langsung terkena AME adalah karena :

  1. Kita terlalu terburu-buru mulai berikaln di Facebook tanpa memiliki pertemanan di akun personal Facebook milik kita
  2. Mempromosikan affiliate link langsung di dalam post
  3. Mempromosikan link yang memiliki redirect/forwarding ke situs tertentu
  4. Mempromosikan iklan tentang Dating, hubungan atau beberapa hal lainnya terkait keintiman dan hubungan percintaan

 

Dan masalah-masalah lainnya yang serupa. Dan yang paling banyak terjadi ketika akun iklan terkena AME adalah poin nomor 1 dari keempat poin diatas. Maka dari itulah alasan kenapa tim keamanan Facebook saat ini sedang bersih-bersih istilahnya terhadap akun-akun palsu atau akun kloning (Klonengan istilah gaul Internetnya).

 

Dan yang paling parah adalah ketika kita sudah mengajukan banding ke tim Facebook terkait masalah-masalah diatas, dan pesan yang tim Facebook berikan seperti berikut :

 

“Our records indicate that your payments account was disabled due to suspected fraudulent activity. We will not reactivate your payments account. This decision is final.

Thanks for your understanding,

Love,

Jane,

Facebook Risk Management.”

 

Maka ya ajukan banding pun tetap hasilnya akan sama. Kecuali benar-benar mengajukan banding dengan memohon-mohon. Mungkin akan ada keringanan. Sulit dipercaya tapi bisa saja terjadi. Tim Facebook kan juga manusia, punya hati dan perasaan. (Bukan seperti robot)

 

Jadi Apa yang Harus Kita Lakukan Ketika Sudah Seperti Ini?

Tentu selalu ada jalan keluar dari setiap permasalahan yang terjadi, apapun itu. Ketika sudah terjadi seperti ini, maka langkah yang harus kita lakukan adalah :

  • Coba membuat akun Facebook baru
  • Jangan mengiklankan hal/produk yang sama ketika ada akun iklan sedang dinonaktifkan karena masalah hal/produk yang melanggar pedoman iklan Facebook
  • Selalu buat akun Facebook baru agar bisa menjaga aset Audience dan juga Pixel agar bisa digunakan walaupun ada akun iklan yang dinonaktifkan
  • Selalu berhati-hati saat membuat akun iklan baru. Akan lebih baik jika membuat akun iklan yang foto profilnya diketahui dan dikenal. Ambil contoh keluarga misalnya.
  • Gunakan metode pembayaran atau sumber pembayaran yang berbeda dari yang digunakan untuk akun iklan yang telah dinonaktifkan.

 

Dan masih banyak lagi kemungkinan-kemungkinan yang harus dilakukan. Namun dari beberapa poin diatas sudah ada banyak yang melakukannya. Jadi untuk kemungkinan-kemungkinan lain mungkin hanya beberapa orang yang melakukannya.

 

Apakah hanya itu saja? Tidak juga. Masih banyak sekali hal yang harus dilakukan untuk bisa beriklan lagi di Facebook. Itupun jika sebelumnya kita tidak memiliki aset akun simpanan. Jika punya aset akun simpanan, ya maka tidak perlu memikirkan hal-hal seperti ini.

 

Jika memiliki banyak akun simpanan (pastikan jangan akun Kloning palsu, gunakan saja akun berfoto salah satu anggota keluarga biar aman), ya maka kita hanya gunakan saja akun-akun tersebut untuk beriklan lagi. Jadi simple nya tumbang akun iklan 1, ya bisa gunakan akun iklan yang lain. (Kalau diperibahasa : Sedia payung sebelum hujan)

 

 

Bagaimana Saya Mulai Beriklan Lagi Ketika Akun Iklan Sudah di Nonaktifkan?

Bagi anda yang Full-Time Internet Marketer dan bergantungan hidup dengan beriklan di Facebook. Maka masalah AME (Ads Manager Error) adalah masalah yang berat pastinya. Maka dari itu kita perlu move on istilahnya dengan beberapa langkah berikut ini :

 

1. Buat Akun Facebook Baru

Sudah pasti membuat akun Facebook baru karena sudah pasti juga akun yang lama beserta akun iklannya yang sudah dinonaktifkan sudah tidak berguna lagi kecuali untuk sekedar lihat timeline.
Saat membuat akun baru, pastikan hal-hal berikut ini dilakukan. Seperti:

  • Mengisi Seluruh Data Diri di Facebook (Alamat, TTL, Daerah Asal, Pekerjaan, dan lainnya)
  • Tambahkan teman di Facebook setidaknya sampai lebih dari 100 orang. Tapi tambahkan teman yang benar-benar teman, bukan orang lain yang tidak dikenal. Nanti akan dicurigai oleh Facebook.

 

2. Jika Tidak Ingin Membuat Akun, Gunakan Akun Orang Terdekat (Bisa Istri, Kakak Adik, Ayah dan Ibu, dan yang Pasti Jangan Gunakan Akun Mantan)

Jika tidak ingin kesulitan dan menunggu lama untuk mengoptimasi akun Facebook agar bisa bekerja dengan baik saat beriklan, maka salah satu cara yang baik untuk dilakukan adalah dengan menggunakan akun orang terdekat, amannya gunakan akun anggota keluarga.

 

Walau mungkin akan ada potensi AME (Ads Manager Error) lagi ketika tim Facebook melihat ada sumber pembayaran iklan namun berbeda dari nama akun iklan dan akun Facebooknya. Jika diperbolehkan untuk menggunakan sumber pembayaran milik orang yang akun Facebooknya kita gunakan, ya itu tidak jadi masalah.

 

Tapi ketika kita tidak menggunakan sumber pembayaran milik mereka (akun Facebook orang terdekat yang kita gunakan) dan menggunakan sumber pembayaran sendiri dengan akun iklan orang lain. Ya nanti masalahnya akan seperti pesan peringatan AME yang diatas. (Silahkan scroll lagi keatas)

 

Jadi aman yang paling benar-benar aman ya bersabar dengan membuat akun Facebook baru lagi. Tapi jika punya akun lain dan itu milik kita sendiri (foto profil beserta datanya adalah data diri kita), maka tidak perlu repot-repot seperti ini.

 

3. Jika Ingin Beriklan Dengan Akun Baru, Sabar Tahan Dulu!

Kenapa tahan dulu? Karena jangan seperti yang disebutkan tadi diatas, akun baru akan dicurigai ketika baru membuat akun tapi langsung beriklan. Maka dari itu cobalah tunggu 2-3 Minggu baru mulai beriklan lagi (Agar aman dan tidak dicurigai).

 

Lalu selain itu, cobalah mulai Like beberapa Fanpage yang kita minati. Sambil menunggu akun Facebook mendapatkan 100 pertemanan, hal itu agar memperkecil resiko dicurigai oleh Facebook sebagai akun palsu padahal bukan akun palsu yang kita gunakan.

 

4. Bersabar dan Selalu Berdoa

Ini adalah salah satu langkah terbaik yang harus dilakukan. Tidak butuh penjelasan lagi. Coba lakukan saja dengan ikhlas pastinya. Anggap saja ini adalah cobaan untuk menaikan diri sendiri ke level berikutnya yang lebih atas. Tetap sabar pastinya.

 

Kesimpulan

Saat mulai beriklan pastikan konten iklan tidak melanggar pedoman iklan di Facebook. Pastikan juga produk yang dipromosikan adalah produk-produk yang masuk golongan putih di Facebook, bukan Dating, ataupun link yang mengarah ke situs afiliasi. Jika ingin mempromosikan afiliasi, pastikan menggunakan Landing Page. Jangan langsung menaruh linknya di post Facebook.

 

Semoga artikel ini membantu permasalahan anda ya, dan tetap sabar ketika masalah AME datang menghampiri. Ingat! Kita tidak sendirian.

 

Silahkan baca juga Part 2 : Cara Bagaimana Agar Akun Iklan Facebook Tidak Dinonaktifkan

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan