Cara Meningkatkan CTR Facebook Ads Agar Iklan Lebih Menghasilkan

Apa pentingnya kita meningkatkan CTR Facebook Ads? Sangat penting, terlebih setiap iklan berbayar tentu memiliki persentase yang seimbang dalam hal keuntungan dan kerugian. 50% Untung dan 50% rugi. Itu mungkin sudah biasa apabila kita menggunakan iklan berbayar sebagai media promosi bisnis kita. Bagi sebagian pebisnis yang mempromosikan bisnisnya khususnya di Facebook, yaitu dengan Facebook Ads, tentu sudah tahu bahwa jika beriklan di Facebook, hal yang paling diutamakan adalah ROI (Return On Investment).

 

Meningkatkan CTR Facebook Ads

Iklan Ramai, Tentu Banyak Peminat (Tapi Belum Tentu Banyak Pembeli)

 

Kenapa? karena hal yang terpenting dalam beriklan adalah investasi pada biaya iklan harus kembali lebih banyak dan tidak kurang dari biaya iklan yang telah dikeluarkan. Jika anda ingin jujur, lebih memilih mana antara iklan yang berbiaya $15 per-klik namun memberikan keuntungan (menghasilkan konversi) atau mendapatkan biaya $0.1 per-klik namun tidak menghasilkan konversi? Pasti tentunya semua akan memilih pilihan yang pertama.

 

Contohnya Facebook Ads. Semakin tinggi CTR (Click Through Rate) yang kita dapat, maka semakin rendah nilai CPC (Cost Per Click) nya. Dan apabila CPC yang kita dapat semakin rendah, maka ROI nya akan semakin tinggi. CPC ini adalah biaya dari iklan kita.

 

Jadi, pada dasarnya beriklan baik itu di Adwords, Facebook Ads, Instagram, dan media-media lainnya, Kunci utama iklan kita sukses adalah dilihat dari berapa CTR yang kita dapat. Sebelum membahas cara meningkatkan CTR Facebook Ads lebih jauh, mari kita kenalan terlebih dahulu dengan CTR.

 

Apa Itu CTR (Click Through Rate) ?

CTR disini bukanlah game playstation Crash Team Racing ya. Tetapi CTR disini adalah rasio dari jumlah klik dengan tampilan iklan. Contohnya seperti ini:

  • Apabila iklan A tayang 1000x namun dengan klik hanya 100x, maka CTR nya bisa dikatakan 10%
  • Apabila iklan B tayang 1000x namun dengan klik hanya 10x, maka CTR nya 1%

 

Kesimpulan nya, jika iklan A mendapatkan biaya sekitar Rp. 1, maka pihak Ads Network (perusahaan iklan, dalam kasus ini kita menggunakan Facebook Ads) akan mendapatkan uang Rp. 100 per 1000 tampilan iklan. Sama halnya dengan iklan A, iklan B juga seperti itu. Jika iklan B mendapatkan biaya iklan sekitar Rp. 10 maka Facebook akan mendapatkan Rp. 100 per tampilan iklan.

 

Mungkin kedua iklan diatas jika kita lihat sedikit perbedaannya, namun sebenarnya perbedaannya sangatlah besar. Oleh karena itu apabila kita sedang menjalankan iklan baik itu di Facebook atau media lainnya. Jangan pernah lupa untuk memperhatikan CTR dari iklan kita, apakah iklan kita menghasilkan atau justru malah merugikan. Berikut ini beberapa cara meningkatkan CTR Facebook Ads yang bisa membuat iklan kita lebih menghasilkan.

 

1. Pilih Hanya 2 Placements Terbaik dari 4 Placements yang Disediakan Facebook Ads

Di dalam Facebook Ads tentunya ada 4 placement yang bisa kita gunakan. Seperti:

  • Audience Network.
  • Dekstop Right Column.
  • Dekstop News Feed.
  • Mobile News Feed.

 

Saran kami, pilihlah hanya 2 yang terbaik. Misal kombinasi Dekstop News Feed dan Mobile News Feed. Atau kombinasi yang lainnya. Namun karena perkembangan Mobile yang semakin pesat dan banyak yang menggunakannya. Jadi, Mobile News Feed bisa jadi salah satu pilihan terbaik untuk menempatkan iklan kita di Facebook.

 

2. Untuk Meningkatkan CTR Facebook Ads, Perlu Menggunakan CTA (Call To Action) Button

Kebijakan Facebook Ads tentang hanya memperbolehkan gambar yang memiliki porsi teks kurang dari 20% membuat kita harus lebih kreatif lagi dalam menyampaikan apa yang ada di dalam iklan kita.

Meningkatkan CTR Facebook Ads

Contoh Call To Action Button

 

Untuk menghasilkan iklan yang lebih menarik untuk di klik, maka pastikan iklan yang kita tampilan disertai tombol CTA, agar calon konsumen tahu apa yang harus mereka lakukan terhadap iklan kita. Apakah Download, atau Membeli (Shop Now), atau lainnya. Tentu menyertakan gambar yang baik dan menarik di iklan kita agar iklan dapat maksimal, CTR meningkat juga bisa dikarenakan gambar yang digunakan. Untuk dapat mengetahui cara beriklan di Facebook agar lebih maksimal dengan menggunakan gambar, maka kita bisa mempelajarinya di artikel yang berjudul Cara Membuat Iklan Agar Lebih Maksimal Dengan Menggunakan Gambar di Facebook Ads berikut ini.

 

3. Tentukan Target Location dan Range Usia

Menentukan Target Lokasi dan Range Usia juga salah satu hal yang harus kita perhatikan apabila kita ingin meningkatkan CTR Facebook Ads untuk iklan kita. Selain Interest, 2 jenis layers seperti Target Lokasi dan Range Usia menjadi pembantu tersendiri untuk iklan kita supaya bisa mendapatkan CTR yang lebih tinggi. Berikut penjelasan nya:

 

  • Range Usia.

Misalkan jika kita ingin menjual tools atau semacamnya untuk membantu pekerjaan, maka usia yang kita pilih adalah usia sekitar 23-50 (usia seorang pekerja). Apabila kita tawari tools tersebut kepada usia yang lebih muda, sekitar 18-22, maka iklan kita bisa dipastikan gagal dan tidak mendapatkan CT yang tinggi. Kenapa?

 

Karena umur 18-22 bukanlah umur seorang pekerja atau bukan orang yang memerlukan tools tersebut. Jadi itu bisa dikatakan tidak tepat sasaran. Oleh karena itu mendapatkan CTR tinggi bisa dikarenakan pemilihan usia yang terbilang tepat. Apabila pemilihan usia tidak tepat, maka promosi produk yang kita lakukan juga tidak tetap pada sasaran.

 

Apabila CTR semakin rendah, maka CPC kita akan menjadi lebih tinggi, sehingga membuat biaya iklan kita menjadi lebih besar. Bisa dikatakan rugi. Namun apabila pendapatan kita lebih besar daripada biaya iklan yang dikeluarkan, maka iklan kita bisa kita anggap berhasil.

 

  • Target Lokasi.

Sama halnya dengan Range Usia, apabila kita salah menargetkan lokasi, maka promosi kita akan terbilang sia-sia. Misal, jika kita ingin menjual Buku A, maka pastikan Target Lokasi kita harus lebih spesifik. Bukan kita menargetkan 1 negara atau 1 kota besar.

 

Seperti contohnya, jangan menargetkan 1 Negara saja (Australia) misalnya. Padahal di Australia terdapat kota-kota seperti Sydney, Canberra, dan kota lainnya. Ada baiknya, kita menargetkan lebih spesifik lagi, seperti memasukkan kota-kota yang memiliki peminat dari produk yang kita jual, contohnya Sydney, Melbourne, dan kota-kota lainnya.

 

Dengan banyaknya peminat di suatu kota tertentu, apabila kita tawari mereka sebuah penawaran produk yang mereka suka, maka klik iklan yang akan terjadi lebih besar dibandingkan jika kita menargetkan seluruh negara Australia. Dengan begitu kita akan mendapatkan CTR yang lebih tinggi sehingga upaya kita untuk meningkatkan CTR Facebook Ads pada iklan kita bisa berhasil.

 

Kesimpulan

Untuk meningkatkan CTR Facebook Ads pada iklan kita, tentunya tidak didasarkan pada banyaknya biaya yang kita keluarkan untuk beriklan di Facebook. Menggunakan biaya yang kecil pun juga bisa mendapatkan CTR yang tinggi, asalkan target yang dituju tetap sasaran. Apapun cara yang dilakukan untuk meningkatkan CTR Facebook Ads pada iklan kita, pastikan cara tersebut tidak melanggar kebijakan beriklan di Facebook.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

2 Comments

  1. Berarti semakin rinci detail FB Ads maka semakin tinggi pula CTR nya ya om? Langsung action 😀

    Sempat pasang kemarin ini cuma penayangan sampe 2000 cuman 0 klik.

    Post a Reply
    • Kalo mau banyak klik coba gunakan objektif iklan Click to Website, nanti biar dari Facebook nya mengoptimasi dan menampilkan iklan kepada orang-orang yang suka klik iklan. Dan misalkan kalo ingin meningkatkan konversi di produk yang dijual, bisa gunakan Website Conversion.

      Gunakan PPE bisa sebagai testing aja, apakah produk yang dijual menarik perhatian atau tidak. Misal banyak respon baik, maka lanjutkan menggunakan Click to Website, atau Website Conversion. Tapi saran saya sebelum menggunakan Website Conversion, pastikan PIXEL di akun iklan FB kita sudah matang. Berikut pembahasan PIXEL : http://www.meetechno.com/apa-facebook-pixel/

      Post a Reply

Tinggalkan Balasan