5 Cara Mudah Meningkatkan Share di Facebook Agar Jangkauan Post Lebih Luas

Ada banyak perusahaan sosial media yang mulai dan sedang tumbuh, namun hanya sosial media milik Facebook lah yang sampai saat ini masih memimpin. Ada lebih dari 1,6 miliar pengguna aktif di Facebook, dan Indonesia termasuk salah satu negara yang banyak penggunanya, ada sekitar 82 juta orang.

 

Beriklan di Facebook

Facebook

 

Bayangkan jika orang sebanyak itu melihat post yang berisikan penawaran dari bisnis kita. Apakah kita untung? Untung sekali pastinya. Kita sebagai pebisnis harus benar-benar pintar memanfaatkan sosial media untuk menjangkau dan berinteraksi dengan lebih banyak orang, sehingga potensi mendapatkan banyak pelanggan semakin besar.

 

Apa yang kita butuhkan untuk bisa menjangkau banyak orang di Facebook? Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan share di sosial media Facebook, dengan begitu makin banyak orang yang melihat post milik kita semakin banyak pula kita menjangkau semua orang.

 

1. Meningkatkan Share Dengan Jenis Post yang Tepat

Post yang dilihat oleh orang yang bukan peminatnya, kecil kemungkinan akan mendapatkan banyak share. Apalagi post yang tepat sasaran ke para peminatnya namun post yang dilihat kurang berkualitas, maka akan sulit juga mendapatkan dan meningkatkan share di Facebook.

 

Kita perlu memikirkan bagaimana konten di post kita disajikan, kita juga perlu memikirkan bagaimana konten tersebut bisa memicu interaksi bagi yang melihatnya. Jika tidak ada yang tertarik, para pengguna Facebook lainnya hanya melewati saja konten post yang sudah kita publish, sia-sia saja kalau begitu.

 

Pemilihan konten post yang tepat bisa memicu interaksi bagi orang yang melihatnya, dengan begitu potensi mendapatkan dan meningkatkan share di Facebook akan semakin besar.

 

Studi yang telah dilakukan oleh BuzzSumo, mereka menemukan hasil pasti yang menarik terkait jenis post apa yang bekerja lebih baik di Facebook. Lebih dari 1 miliar post di Facebook mereka analisa, berikut hasil analisnya:

 

  • Post Pertanyaan

Walau cara ini terbilang klasik, tapi tetap saja cara ini masih terbukti berhasil sampai sekarang untuk bisa mendapatkan banyak interaksi. Lihat analisa dari BuzzSumo berikut ini :

 

5 Cara Mudah Meningkatkan Share di Facebook Agar Jangkauan Post Lebih Luas

Hasil analisa jenis post terbaik via BuzzSumo

 

  • Post Gambar

Post gambar hampir menghasilkan 500 interaksi pada analisa yang telah dilakukan oleh BuzzSumo. Interaksi terdiri dari komentar, share, dan like. Jadi keseluruhan interaksi yang ditampilkan dihitung semuanya, termasuk komentar, share dan like.

 

  • Post Video

Setelah post pertanyaan dan gambar, ada post jenis video yang bisa menghasilkan banyak interaksi. Banyaknya interaksi yang terjadi itu kembali lagi seperti apa video kita disajikan.

 

Misal video kita tentang hal-hal yang lucu, unik, atau bahagia, bisa saja video tersebut membantu meningkatkan share post kita. Tapi jika berlainan, makin kecil kemungkinan post kita bisa mendapatkan banyak share.

 

Baca Juga : 6 Elemen yang Dapat Membuat Konten Menjadi Viral

 

  • Post Link, Giveaway, dan Kupon

Jenis post ini mungkin tidak seperti jenis-jenis post yang disebutkan sebelumnya, post ini mungkin saja sedikit lebih kecil dampak interaksinya daripada ketiga sebelumnya (Jenis post pertanyaan, gambar, dan video).

 

Tapi kita juga tidak boleh menganggap bahwa post jenis-jenis ini tidak bisa mendapatkan interaksi. Bisa mendapatkan interaksi, tapi itu kembali lagi seperti apa post kita disajikan.

 

2. Menggunakan Konten Visual

Coba kita lihat 3 jenis post teratas yang mendapatkan banyak interaksi (Pertanyaan, gambar, dan video). Dua dari ketiganya adalah konten visual.

 

Itu berarti menandakan bahwa menggunakan konten visual dapat lebih meningkatkan share dibandingkan jika menggunakan post yang tidak mengguankan konten visual.

 

Kita bisa menggunakan konten visual dengan membuat Infografik. Kita bisa menggunakan infografik untuk dapat bisa lebih menonjolkan info yang berguna dalam artikel kepada para pengguna Facebook. Ini juga bisa meningkatkan share post kita dan membantu menjangkau lebih banyak orang.

 

Kita bisa membuat konten infografik seperti, resep makanan, tips berolahraga, atau yang lainnya. Kemas segala informasi dalam satu gambar.

 

Pembahasan konten visual bisa dipahami lebih lanjut pada artikel yang berjudul Branding di Sosial Media Dengan Menggunakan Konten Visual berikut ini.

 

3. Pastikan Memilih Waktu yang Tepat Untuk Post di Sosial Media

Sebagus apapun kontennya jika tidak dipublish di waktu yang tepat, mana mungkin nantinya akan mendapatkan banyak share?

 

Akan lebih baik jika kita mengenali dulu audience kita, seperti jam berapa mereka biasanya online di Facebook, apakah siang hari atau malam hari. Jika salah post di waktu yang tidak tepat, maka besar kemungkinan post kita tidak mendapatkan banyak share, atau bahkan tidak ada sama sekali yang melihat.

 

5 Cara Mudah Meningkatkan Share di Facebook Agar Jangkauan Post Lebih Luas

Hasil analisa waktu post terbaik via BuzzSumo

 

Pada analisa yang BuzzSumo lakukan, paling banyak terjadi interaksi adalah pada saat jam 9 sampai jam 10 malam hari. Memang biasanya pada waktu tersebut, banyak orang ingin pergi tidur namun memilih untuk mengutak-atik smartphonenya terlebih dahulu. Sehingga jam sebelum tidur selalu diisi dengan kegiatan internetan di smartphone (seperti membuka sosial media atau sekedar browsing).

 

4. Berikan Informasi yang Singkat Namun Jelas

Posisikan diri sebagai pengguna di Facebook, bukan pebisnis yang menggunakan Facebook. Pastinya kita akan mengetahui apa yang diinginkan dan apa yang di butuhkan oleh para pengguna Facebook lainnya.

 

Misalnya seperti ini, orang berada di Facebook itu tujuannya ingin bersosialisasi, bukan membaca. Jadi jika kita post dengan memberikan segala informasi yang banyak sekali, mana mungkin para pengguna sosial media tertarik untuk melihatnya dan juga membacanya.

 

Jadi oleh karena itu, kenapa konten visual lebih menarik, mendapatkan banyak interaksi, dan meningkatkan share di post dari pada post tanpa konten visual (cuma status/tulisan saja).

 

5. Buatlah Kontes, Membuat Post Bisa Mengundang Banyak Orang Untuk Ikut Berpartisipasi

Para pebisnis biasanya sudah terbiasa untuk mengadakan sebuah kontes baik itu offline maupun online. Membuat kontes di sosial media pun menjadi salah satu langkah terbaik untuk bisa mendapatkan banyak share agar dapat menjangkau lebih banyak orang.

 

Untuk bisa menciptakan pemicu interaksi pada post yang telah di publish, maka kita bisa membuat aturan sendiri dalam kontes tersebut, dengan memberikan persyaratan bahwa audience yang ikut kontes harus share post tersebut terlebih dahulu.

 

Buat aturannya, tentukan hadiahnya, lalu tampilkan detail informasi kontesnya. Pastikan post menggunakan konten visual yang menarik untuk dilihat oleh pengguna Facebook (konten harus eye catching).

 

Kesimpulan

Untuk mendapatkan banyak jangkauan pengguna Facebook, maka kita butuh post yang bisa memicu interaksi terhadap audience. Semakin banyak share, semakin luas jangkauan post kita di Facebook.

 

Apapun jenis post yang digunakan, apabila kontennya tidak berkualitas atau tidak ‘eye catching’, mana mungkin pengguna sosial media Facebook mau melirik atau melihatnya. Pastikan terlebih dahulu bahwa post yang ingin dipublish sudah benar-benar menarik untuk dilihat oleh pengguna Facebook lainnya.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan