Strategi Pemasaran Produk Digital: Membuat dan Menjual Produk Digital Secara Online

Setiap pebisnis tahu strategi terbaik apa dari bisnis yang sedang dijalaninya, contohnya seperti strategi pemasaran produk apa yang digunakan, entah itu berupa jasa, layanan, atau menjual produk baik itu fisik atau digital. Namun semenjak jual-beli online sedang maraknya diminati oleh banyak orang, membuat bisnis jual-beli secara online lebih diminati daripada bisnis berupa layanan ataupun jasa.

 

Strategi Pemasaran Produk Digital

Menjual Produk Digital

 

Ada 2 macam produk yang dijual secara online, yaitu produk fisik dan digital. Produk digital mungkin lebih diunggulkan daripada produk fisik dalam segi banyaknya produk yang bisa diproduksi. Kenyataannya produk digital lebih mudah diproduksi daripada produk fisik, dimana produk digital tidak perlu menggunakan biaya produksi terlalu banyak dalam produksinya.

 

Produk digital juga bisa digandakan sampai tak terbatas jika kita menginginkannya, sayangnya produk fisik tidak bisa. Mungkin bisa, namun butuh biaya yang sangat banyak. Jadi apakah produk digital bisa dikatakan paling menguntungkan daripada produk fisik? Itu tentunya tergantung dari produk seperti apa yang kita jual. Membuat produk digital juga sama seperti membuat produk fisik, dibutuhkan usaha, waktu, dan mungkin uang.

 

Berikut ini beberapa hal yang harus kita ketahui sebelum menjual produk digital kepada calon konsumen kita, seperti:

  • Packaging
  • Pricing
  • Positioning

 

Ketiga hal diatas adalah yang harus kita ketahui dan tentukan saat sebelum menjual produk digital kepada calon pembeli produk kita.

 

Seberapa pentingkan Packaging, Pricing dan Positioning? Sangat penting. Karena jika kita menjual produk digital namun tidak mengetahui dan menentukan ketiga hal diatas pada produk kita, maka bisa dipastikan produk kita akan gagal. Ketiga hal diatas bisa kita sebut dengan 3P (Packaging, Pricing, Positioning). Berikut pembahasan dari strategi pemasaran produk digital dan 3P itu sendiri.

 

Packaging: Awal Dari Pembuatan Produk Digital Kita

Tahapan ini belum disebut sebagai strategi pemasaran produk, melainkan tahapan ini adalah tahapan awal saat sebelum kita menjual produk kita ke orang lain. Sebelum menjual produk digital, terlebih dahulu tentukan bentuk dari produk digital yang akan dibuat.

 

Ada banyak tipe produk digital yang bisa kita jual secara online, namun dari banyaknya tipe produk digital, hanya ada beberapa yang mudah untuk kita produksi, produk-produk tersebut seperti:

  • Ebook
  • Audio
  • Video
  • Kursus Online

 

Keempat tipe diatas mungkin bagi sebagian orang adalah produk-produk yang mudah untuk diproduksi. Namun ada juga produk digital yang sulit untuk diproduksi seperti:

  • Tools
  • Program

Dan masih banyak lagi produk-produk digital yang bisa kita jual. Kenyataannya adalah produk-produk yang disebutkan diatas, isinya semua adalah sama, namun penyajian atau packaging nya yang berbeda-beda.

 

Harganya pun bisa juga jauh berbeda, ada yang mahal dan ada yang murah. Dan untuk kita yang menginginkan membuat produk digital yang sama dengan tema produk yang dijual oleh orang lain, namun menginginkan hasil pendapatan yang berbeda dari orang lain, maka buatlah Kursus Online.

 

Kenapa kursus online? Karena kursus online memiliki isi berupa suatu materi berbentuk video dan juga teks, dan tentu saja isinya sama dengan orang lain, hanya saja penyampaiannya yang berbeda. Biasanya kebanyakan kursus online memiliki 5 sampai 20 materi dalam bentuk video.

 

Semua materi kursus online mungkin tidak akan diberikan pada waktu yang sama. Namun ada juga beberapa pemateri yang memberikannya pada waktu yang sama (hari itu juga). Kursus online biasanya diberikan secara bertahap, misalkan 2 video dalam 1 minggu, dan seterusnya. Selain memberikan video, kurus online juga memberikan sesi tanya jawab untuk memudahkan pembelajaran.

 

Penjelasan kursus online diatas adalah gambaran kecil dari apa yang disebut packaging. Selain packaging, ada juga pricing. Pricing adalah tahapan kedua yang harus kita tentukan saat membentuk strategi pemasaran produk kita dan membuat sebuah produk digital.

 

Pricing: Menentukan Harga Untuk Produk Digital Kita

Bicara soal strategi pemasaran produk tentunya tidak akan jauh dari pembahasan soal harga. Harga yang pasti dari produk yang dijual tentu hanyalah penjual yang dapat menentukannya. Biasanya harga yang mahal belum tentu meyakinkan calon pembeli bahwa barang tersebut berkualitas, begitupun juga harga yang murah.

 

Harga jual produk digital dipengaruhi beberapa faktor, seperti:

  • Negara yang dituju (biasanya daya beli online masyarakat berpengaruh disini)
  • Tema Produk (untuk bisnis, pengembangan diri, kesehatan, dan lainnya. Tentu masing-masing nya memiliki harga yang berbeda dari setiap bidangnya)
  • Topik (semakin topik dibahas secara dalam dan terperinci, maka semakin mahal harga yang harus ditawarkan)
  • Jenis penyajian produk (seperti yang sudah dibahas pada bagian Packaging di awalan tadi)

 

Harga jual produk digital di setiap negara berbeda-beda. Misalkan jika di Indonesia kebanyakan produk digital seperti e-Book misalnya, dijual dengan harga maksimal Rp 200.000, sedangkan jika diluar negeri seperti USA misalnya, biasanya dihargai dengan harga $10-$50 tergantung dari topik yang dipilih.

 

Saat menentukan harga jual produk kita, terlebih untuk produk digital pertama kita, pastikan harga tidak lebih dan juga tidak kurang. Rentang harga terbaik adalah $40 – $80, itu menurut kami. Dengan produk digital seperti kurus online yang berisikan materi berupa video dan dibahas secara mendalam, jangan takut untuk memasang harga besar, misalnya $90-$120 atau bahkan lebih, sesuai dalamnya materi yang diberikan. Hal ini juga disebut sebagai strategi pemasaran produk.

 

Sebelum memasang harga sebesar itu, pastikan kita memberitahukan kepada calon pembeli kita tentang apa yang akan dia dapatkan jika dia membeli produk dari kita, seperti misalnya (Setelah Anda Membeli Produk Ini, Anda akan mempelajari: A, B, C, dan D).

 

Namun untuk menentukan harga produk yang ingin dijual, itu kembali lagi kepada pemilik produk, apakah ingin menjual dengan harga tinggi atau rendah. Kami diatas hanyalah memberikan saran yang terbaik, anda tidak harus mengikuti saran dari kami.

 

Positioning: Mengubah Produk Biasa Menjadi Berharga

Pembicaraan strategi pemasaran produk juga tidak akan jauh dari membahas tentang sudut pandang orang lain terhadap produk digital yang dijual. Positioning adalah seni mengubah sudut pandang orang lain terhadap produk kita, seperti mengubah sudut pandang produk yang biasa saja menjadi barang yang sangat berharga.

 

Untuk membuat positioning pada produk digital yang kita jual, kita bisa membuat kalimat-kalimat pada penawaran kita seperti:

 

  • “Anda tidak akan rugi membeli produk berupa panduan ini karena setelah anda mengikuti langkah-langkah yang ada di dalam nya, anda akan lebih mudah mendapatkan…………..(isi sesuai keuntungan yang didapat pembeli dari tema produk yang dijual)”

 

Kira-kira gambaran kecilnya seperti itu. Namun bukan hanya kata-kata saja yang bisa menjadikan produk kita bisa dinilai berharga oleh calon pembeli. Ada, Desain. Ya Desain.

 

Kita tentunya tidak akan bisa menjual sebuah produk digital yang memiliki harga yang tinggi apabila desain penawaran kita tidak menjual (desain yang buruk). Seperti contoh-contoh desain berikut ini yang mungkin produknya sudah kita ketahui memiliki harga yang tinggi. Namun produk yang berharga tidak akan terlihat berharga apabila desain halaman penawaran nya tidak begitu baik (buruk).

 

Dengan hanya melihat desain penawaran nya saja, calon pembeli juga tahu produk mana yang terlihat profesional, terpercaya, atau mencurigakan (penipu).

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan