Strategi Promosi di Facebook Menggunakan Cover Page Untuk Menarik Banyak Audience

Banyak sekali cara promosi di Facebook yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan penjualan ataupun memperbanyak pelanggan dari bisnis kita, namun sayangnya karena banyaknya strategi promosi di Facebook yang bisa dilakukan, hal tersebut sering membuat kita bingung untuk memilih strategi promosi yang mana yang akan digunakan.

 

Strategi Promosi di Facebook

Cover Fanpage Facebook Meetechno.com

 

Kabar baiknya, ada cara sederhana yang bisa dilakukan tanpa perlu memikirkan strategi promosi di Facebook yang lain, salah satu caranya adalah dengan menggunakan cover Facebook. Kenapa cover Facebook? Itu karena cover dari Fanpage Facebook bisnis adalah salah satu elemen yang pertama yang dilihat oleh para audience kita.

 

Apa yang anda pertama lihat saat membuka Fanpage atau Profil Facebook seseorang? Tentunya Photo Profil dan cover Facebook nya bukan? Oleh karena itu, menggunakan cover Facebook adalah salah satu cara promosi di Facebook secara sederhana yang bisa kita lakukan.

 

Kita juga tidak akan sembarang menggunakan gambar untuk cover Facebook kita, karena nanti bagusnya suatu bisnis di Facebook akan dilihat dari cover Facebook yang digunakan. Oleh karena itu, ada baiknya kita mendesain cover Facebook untuk Bisnis dengan terlihat lebih menonjol dari yang lain, bisa dari desain nya, atau dari Headline nya.

 

Untuk lebih dalamnya lagi, mari kita simak pembahasan berikut ini tentang strategi promosi di Facebook dengan menggunakan cover sebagai penarik audience untuk bisnis kita.

 

Strategi Promosi di Facebook Menggunakan Cover yang Menarik Tanpa Menghilangkan Ciri Khas Bisnis

Pertama yang dilihat oleh banyak orang di Fanpage, Profil, Grup, dan Event adalah dari covernya. Jadi karena itulah kenapa cover menjadi suatu bagian penting dimana fungsinya ditujukan untuk menyampaikan pesan dari bisnis kita ke para audience kita.

 

Menggunakan cover juga tidak bisa sembarangan, coba bayangkan apabila suatu bisnis yang berjalan di bidang properti namun covernya berupa animasi kartun, atau gambar pemandangan, tentunya itu tidak nyambung dengan bisnis apa yang dijalani, sama halnya dengan contoh yang lain. Jadi penggunaan cover juga perlu disamakan dengan bisnis apa yang dijalankan, bukan menggunakan covernya karena merasa gambar tersebut terlihat bagus.

 

Berikut ini ada beberapa strategi promosi di Facebook dengan membuat desain Fanpage Facebook yang menarik dan bisa mendatangkan audience baru ke Fanpage Facebook bisnis kita, tanpa perlu mengubah ciri khas bisnis.

 

1. Branding Dengan Cover Facebook Page

Lebih baik membuat sebuah cover yang terlihat bagus dari segi desain dan terdapat pesan di dalamnya dari pada membuat gambar yang acak untuk promosi bisnis di post Facebook. Kita tentunya bisa memilih foto, style ataupun tema yang bisa memperkuat merk bisnis kita dan juga menonjolkan value dari bisnis. Perlu kita ketahui bahwa para audience bisnis kita sangat sekali ingin terhubung dengan bisnis kita, maka dari itu apabila kita menggunakan gambar yang tidak membuat para audience kita tertarik dengan kita, maka hal tersebut akan menurunkan tingkat engagement di fanpage Facebook bisnis yang kita miliki.

 

2. Menciptakan Kolase (Komposisi Artistik) di Cover Fanpage Bisnis

Menggunakan cover fanpage bisnis yang memiliki tampilan yang biasa saja tidaklah cukup untuk menarik perhatian audience, coba mulailah membuat tampilan yang khas dan mewakili persona dari bisnis kita. Misalnya jika bisnis kita bergerak dalam bidang interior, maka kita bisa menggunakan foto interior rumah yang bagus dan bisa menarik pandangan audience bisnis kita.

 

Bukan hanya itu saja, kita pun bisa menggunakan berbagai gambar yang bagus asalkan sesuai dengan apa bidang dari bisnis kita. Contoh sederhana ada pada desain gambar cover fanpage Facebook berikut ini yang bernama Inspiration for Enterpreneurs.

 

Inspiration for Enterpreneurs Cover Page

Contoh Cover Fanpage via facebook.com/entinspire

 

Pada gambar tersebut, terlihat mereka lebih menyoroti karyawan nya daripada bisnis nya, sehingga nantinya para audience dapat menilai bahwa bisnis tersebut memiliki sebuah team yang sangat baik, sehingga hal tersebut dapat berdampak baik pada reputasi bisnis kita.

 

3. Mempromosikan Sebuah Event yang Akan Datang

Dalam strategi promosi di Facebook yang harus diperhatikan selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, satu hal yang perlu diperhatikan lagi adalah menggunakan gambar berupa pemberitahuan event yang akan datang, event tersebut bisa dari bisnis kita (kita yang menyelenggarakan) atau bisa orang lain yang menyelenggarakan namun kita sebagai sponsor dari event tersebut.

 

Ambil contoh, saat bisnis kita akan launching sebuah produk baru, tentunya kita bisa mengambil kesempatan untuk mengumumkan event bisnis kita di bagian cover fanpage Facebook dari bisnis kita. Kita bisa membangun suasana ceria dari desain yang dipakai di sekitar pengumuman yang ditempatkan di cover fanpage Facebook sehingga bisa menampilkan kesan yang baik untuk para audience bisnis kita.

 

Memberikan pengumuman suatu event yang akan launching dapat membuat atau membangkitkan rasa ingin tahu para audience dari niche market bisnis kita. Berikut ini ada contoh event dari Mundomedia yang akan diselenggarakan yang ditempatkan di cover fanpage Facebook.

 

MundoMedia Cover Fanpage Facebook

Contoh Cover Fanpage via facebook.com/MUNDOmediaNetwork

 

4. Pengumuman Produk

Selain menggunakan cover fanpage untuk mengumumkan sebuah event, kita juga bisa menggunakan fanpage untuk mengumumkan sebuah produk dari bisnis kita ke para audience, kita bisa meletakkannya di cover fanpage Facebook, sehingga dapat menarik perhatian calon pembeli baru bagi mereka yang membuka atau mengunjungi fanpage Facebook bisnis kita.

 

Untuk contoh, kita ambil contoh seperti cover fanpage Wall’s Indonesia, di sana terdapat pengumuman bahwa bisnis tersebut memiliki sebuah produk baru yang siap untuk dipasarkan kepada calon pembelinya, tentunya dari gambar yang digunakan dapat membuat fans dari bisnis tersebut tergiur dan ingin merasakan kelezatan nya.

 

Wall's Indonesia Cover Fanpage Facebook

Contoh Cover Fanpage via facebook.com/WallsIDN

 

Dengan menambahkan copywriting yang tepat dan juga pas, maka cover tersebut bukan hanya mempromosikan produk baru, namun juga mempromosikan sesuatu yang baru dari bisnis tersebut.

 

5. Memberikan Gambar Inspirasi yang Memberikan Semangat

Strategi promosi di Facebook bukan hanya sekadar jualan dan promosi-promosi belaka, ada juga memberikan sesuatu manfaat untuk orang lain, salah satunya adalah memberikan suatu konten yang dapat menginspirasi atau dapat juga memberikan semangat untuk orang lain, dan itu bisa kita letakkan di cover fanpage Facebook bisnis kita. Coba lihat cover fanpage Facebook berikut ini yang diambil dari The Frozen Truth.

 

The Frozen Truth Cover Fanpage Facebook

Contoh Cover Fanpage via facebook.com/The-Frozen-Truth

 

Pada gambar tersebut, dapat dilihat ada sebuah tulisan yang menginspirasi bagi pembaca nya, dan apabila gambar tersebut digunakan untuk sebagai cover dari fanpage Facebook bisnis kita, maka para fans dari bisnis tersebut akan terus mengingatnya, dan otomatis bukan hanya tulisannya saja yang diingat oleh para fans bisnis tersebut, namun juga bisnis nya.

 

Hanya perlu kita ingat bahwa tidak semua bidang bisnis dapat dan diperbolehkan menggunakan cover sejenis ini, karena apabila bisnis kita berada di bidang properti, maka menggunakan cover berjenis motivasi tidak akan serasi dengan bisnis yang ada di fanpage tersebut, dengan kata lain bahwa cover tersebut tidak nyambung dengan bisnis nya.

 

Kesimpulan

Sudah saatnya kita menggunakan cover fanpage bisnis kita untuk bercerita tentang bisnis kita kepada audience dan calon pelanggan kita, jangan pernah tinggalkan kesempatan bagus ini. Perlu diingat, bahwa sebelum menggunakan foto atau gambar apa pun untuk cover fanpage Facebook bisnis, ada terlebih dahulu sebaiknya dipastikan apakah gambar tersebut memang bagus dan memberikan kesan yang baik bagi yang melihatnya ataukah tidak. Tentukan cara terbaik untuk menciptakan kesadaran dari dari bisnis kita, dan mendorong percakapan untuk mengarahkan traffic ke website bisnis kita. Pastikan itu semua telah kita lakukan dengan baik.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan