Teespring Tips: Langkah Awal Memulai Menjual Desain Kaos

Siapapun senang jika hasil desain nya diterima oleh banyak orang, terlebih lagi ada orang yang bersedia membayar karena senang dengan hasil dari desain nya. Tentu bagi anda yang senang dan mempunyai hobi mendesain untuk kaos, ada baiknya anda mencoba untuk mendesain dan menjual desain anda di Teespring.

 

Desain Kaos di Teespring

Teespring

 

Hobi hanyalah sekedar hobi, namun jika kita ingin membuat hobi itu menghasilkan keuntungan untuk kita, maka tidak ada salahnya kita mencoba untuk menjadikan hobi tersebut sebagai penghasilan utama kita, bukankah kerja yang paling enak itu adalah hobi yang dibayar?

 

Masuk ke topik utama, kali ini tentang bagaimana cara menjual desain kaos di Teespring. Apa itu Teespring? Teespring adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan pembuatan desain kaos dan cetak sekaligus mengirimkan hasil cetakan atau pesanan berupa kaos tersebut ke konsumen.

 

Teespring ini didirikan oleh Walker Williams dan Evan Stities-Clayton pada tahun 2012. Perusahaan bernama Teespring ini klaim sudah menjual dari 12 juta item ke seluruh dunia setiap tahunnya. Banyak orang ingin bergabung dan menjadi bagian di dalam bisnis ini, bahkan tak sedikit orang yang hanya mendesain secara asal-asalan namun ternyata disukai dan diminati oleh banyak orang.

 

Akibatnya, Teespring menjadi salah satu dari beberapa perusahaan sejenis yang paling digemari oleh para pendesain baik itu pemula ataupun yang sudah profesional untuk menjual hasil desain-desain mereka. Lalu, bagaimana caranya kita menjual desain kaos di Teespring?

 

Tahapan 1 : Gabung di Teespring

 

Desain Kaos di Teespring

Bergabung di Teespring

 

Kita juga bisa bergabung di Teespring dengan login melalui Facebook, Google, atau Yahoo. Namun jika ingin menjadikan ini sebagai suatu bisnis utama kita, maka ada baiknya kita membuat email baru khusus untuk menerima pemberitahuan dari Teespring saja.

 

Tahapan 2: Buat Desain Pertama

 

Desain Kaos di Teespring

Membuat Campaign Kaos

 

Untuk mulai mendesain kaos, kita bisa langsung klik ‘Launch a Campaign’ pada bagian atas paling kanan.

 

Tahapan 3: Buat Desain Unik

 

Desain Kaos di Teespring

Mendesain Kaos

 

Setelah kita klik ‘Launch a Campaign’ maka kita akan langsung diarahkan pada halaman yang dikhususkan untuk mendesain kaos. Kita bisa mendesain kaos menggunakan desain-desain yang Teespring berikan, atau bisa juga upload desain kita sendiri.

 

Tips: Agar kaos mendapatkan banyak pembeli, maka pastikan desain yang digunakan pada kaos haruslah unik. Jika bisa, buatlah desain yang sedang populer pada target lokasi mana yang kita tuju. Pilihan warna usahakan warna gelap, karena warna gelap lebih banyak disukai. Kaos berwarna putih terkesan murah.

 

Misal: Kita menargetkan pada penduduk USA, maka buatlah desain menarik yang sedang menjadi populer disana. Sesuaikan menurut apa yang penduduk disana gemari atau sukai. Pastikan hal tersebut sesuai niche yang kita masuki.

 

Tahapan 4: Tetapkan Target Penjualan

 

Desain Kaos di Teespring

Tetapkan Goal Campaign

 

Setelah desain kaos di Teespring yang kita buat sudah selesai. Maka langkah selanjutnya adalah kita menetapkan target penjualan kaos kita. Misalkan kita menargetkan kaos kita hanya terjual 20 namun ternyata kaos kita mendapatkan pembeli lebih dari 20 maka itu sudah bisa dikatakan untung. Tapi jika kita tetapkan 20 namun hanya terjual 1, apabila fitur Goal for One tersedia, maka keuntungan kaos tetap bisa kita ambil (terima).

 

Disana ada beberapa pilihan warna yang bisa kita pilih untuk warna kaos kita, semakin sedikit warna yang dipakai maka semakin kecil harga kaos, harga tersebut bisa ditetapkan oleh perusahaan pencetak kaos nya, atau juga dari kita, tapi lebih baik mengikuti rekomendasi harga dari perusahaannya saja.

 

Tahapan 5: Buat Deskripsi Untuk Kaos

 

Desain Kaos di Teespring

Isi Deskripsi Campaign

 

Disini kita akan menuliskan deskripsi singkat yang menjelaskan kenapa orang harus membeli kaos kita.

 

Tips: Untuk membuat deskripsi, usahakan membuat kata-kata yang heboh, seperti ajakan untuk tidak menunda-nunda untuk membeli. Jika tidak punya ide untuk membuat deskripsi disini, kita bisa melihat deskripsi campaign milik orang lain. Karena hampir semua campaign di Teespring sama (walau tidak 100% sama).

 

Misal: Sebentar lagi akan ada natal, maka buatlah kata-kata yang berkaitan dengan natal, seperti ”Rayakan lah natal dengan baju natal yang unik bersama keluarga tersayang” atau kata-kata yang lainnya, namun harus berbahasa Inggris dan bersifat mengajak untuk tidak menunda-nunda untuk membeli.

 

Tahapan 6: Buat Batasan Penjualan

 

Desain Kaos di Teespring

Launch Campaign

 

Disini kita bisa setting kapan batas akhir penjualan untuk kaos kita. Seperti contoh diatas, kami hanya membatasi penjualan kaos untuk 5 hari saja. Kita juga bisa setting url untuk halaman penjualan kaos kita di Teespring.

 

Tips: Jika ingin menjual kaos untuk perayaan atau hari raya, usahakan setting waktu saat 2 bulan sebelum waktu hari raya tersebut mulai, karena pihak Teespring pun juga butuh waktu untuk pengiriman.

 

Namun jika mendesain kaos untuk hal-hal yang sedang populer misalkan: Film. Maka setting hanya pada saat waktu atau film tersebut tayang dan sedang hangat diperbincangkan.

 

Tahapan 7: Mencari Traffic Untuk Mendatangkan Calon Pembeli

 

Desain Kaos di Teespring

Tampilan Kaos yang Dijual

 

Ini adalah salah satu tampilan kaos untuk hari raya natal. Desain nya pun dicampur dengan hal yang sedang populer saat ini di USA seperti gaya tarian dari penyanyi Drake. Untuk menjual kaos di Teespring, disini lah tahapan yang bisa dibilang sulit dan gampang. Kenapa? Karena disini lah kita diharuskan mencari traffic untuk mendatangkan banyak-banyak calon pembeli untuk membeli kaos dengan desain yang kita buat atau upload di Teespring.

 

Tips: Kita bisa mempromosikan kaos kita melalui Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dan social media lainnya. Bisa menggunakan promosi berbayar seperti beriklan, bisa juga menggunakan promosi yang gratis seperti share ke teman-teman terdekat untuk membeli kaos kita. Namun kami sarankan untuk menggunakan promosi berbayar seperti menggunakan iklan.

 

Cara Agar Calon Pembeli Tertarik Dengan Kaos Kita

 

  • Tips 1: Beri Alasan Kuat Kenapa Harus Membeli Kaos Kita.

Untuk membuat calon pembeli sangat tertarik kepada kaos kita, walaupun desain nya tidak terlalu menarik, kita bisa memberikan alasan yang kuat di dalam deskripsi tadi dengan menyertakan sesuatu hal yang besar.

 

Contohnya seperti: “Buy this T-Shirt and Show Your Support to……..” atau “ Wear this T-Shirt and Show to Your Friends That You Care About……..” dan kata-kata lainnya yang bersifat mengajak untuk membeli.

 

  • Tips 2:  Limited Edition.

Katakanlah bahwa kaos yang kita jual di Teespring adalah produk yang eksklusif dan hanya dijual terbatas. Misalkan gunakan kata-kata seperti: “Limited! You can’t find this T-Shirt anywhere in store. A Great collector item!” atau gunakan kata-kata yang lainnya yang bersifat memberikan pernyataan bahwa kaos yang kita jual itu adalah barang eksklusif.

 

  • Tips 3: Berikan Jaminan Uang Kembali.

Ungkapkan bahwa produk kaos kita memberikan jaminan uang kembali. Misalkan menggunakan kata-kata seperti “100% statifaction guarantee or your money back! (for any reason)” atau kata-kata yang lainnya.

 

  • Tips 4: Yakinkan Calon Pembeli Untuk Tidak Menunda Pemesanan.

Agar calon pembeli tidak menunda untuk memesan, maka berikanlah kata-kata seperti “Dont wait! Reserve yours today and pay later!” atau bisa juga menggunakan kata-kata yang lainnya..

 

Cara Mempromosikan Kaos Kita di Teespring Menggunakan Iklan

Agar kaos yang kita jual di Teespring mendapatkan pembeli, maka otomatis yang harus kita lakukan adalah mendatangkan calon-calon pembeli dari banyak tempat, misalkan dari social media seperti Facebook, Twitter, Pinterest dan media sosial lainnya. Berikut ini beberapa cara yang bisa mendatangkan calon pembeli ke halaman penjualan kaos kita di Teespring:

 

  • Cara 1: Targetkan Pembeli.

Targetkan pembeli utama kaos kita, seperti misalkan jika kaos kita memiliki desain berupa orang yang sedang bersepeda atau typografi yang berkaitan dengan sepeda, maka tentu orang yang harus kita targetkan di dalam promosi kaos kita adalah orang yang suka bersepeda. Intinya produk kita harus sesuai dengan minat orang-orang yang kita targetkan untuk iklan kaos kita.

 

  • Cara 2: Percepat Batas Waktu Iklan.

Biasanya orang yang ingin membeli kaos akan menunda-nunda untuk membeli jika mereka melihat iklan kaos yang dipromosikan dengan waktu yang lama. Bukan mereka merasa bosan, namun mereka biasanya menunda karena mereka masih memiliki waktu yang lama untuk memutuskan membeli kaos tersebut. Jadi ada baiknya batasi waktu iklan dan jangan buat iklan dengan waktu yang terlalu lama.

 

Demikianlah gambaran kecil dari menjual kaos di Teespring, jika ada yang ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar dibawah ini.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On