6 Cara Mudah Agar Toko Online Berkembang Dan Menghasilkan

Bagi pemilik toko online, tentunya ingin selalu bisa membuat toko onlinenya berkembang dan selalu menghasilkan setiap hari. Berbagai cara pun terus dilakukan agar toko online bisa menghasilkan penjualan. Padahal dengan cara-cara sederhana seperti berikut ini pun bisa juga membantu membuat toko online berkembang.

 

7 Cara Mudah Agar Toko Online Berkembang Dan Menghasilkan

Buatlah Toko Online Berkembang dan Menghasilkan

 

Seperti contohnya, mengirimkan ucapan terima kasih saat customer membeli di toko online kita, atau bisa juga dengan menampilkan produk yang terkait di halaman detail produk. Itu semua bisa membuat toko online berkembang. Hal-hal kecil yang terkadang sering disepelekan pastinya bisa berdampak positif untuk toko online, walau tidak kita kira sebelumnya.

 

Berikut ini beberapa hal kecil yang terkadang disepelekan namun bisa memberikan dampak positif untuk toko online.

 

1. Agar Toko Online Berkembang, Produk di Gudang yang Kurang Laris Dipasaran Harus Segera Kita Jual! Jangan Di Diamkan Saja

Produk yang kurang laris di pasaran dan sedang menumpuk di gudang haruslah segera kita jual. Produk seperti ini bisa mengurangi cash flow dan memperlambat perkembangan bisnis kita. Ini menjadi suatu alasan kenapa toko offline yang sering dijumpai mengadakan diskon besar-besaran.

 

Agar toko online berkembang terus-menerus, akan lebih baik jika kita juga mengecek produk-produk yang memiliki perputaran yang lambat. Carilah produk seperti :

  • Dalam 3 Bulan, Produk Tersebut Hanya Terjual Sekali
  • Produk Musiman
  • Produk yang Telah Diganti Dengan Versi Terbaru
  • Produk yang Cepat Rusak

 

Kita bisa menawarkan produk-produk tersebut ke marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Kaskus. Dengan cara seperti ini kita bisa meningkatkan pendapatan, dan mempercepat penjualan terhadap produk-produk yang kurang laku di pasaran.

 

2. Sediakan Informasi Kontak yang Bisa Dihubungi

Memberikan informasi kontak di toko online adalah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tujuannya agar para customer bisa dengan mudah berkomunikasi dengan kita. Ini pun juga salah satu cara untuk mendekatkan toko online kita dengan para customer (membangun hubungan).

 

Kita bisa menambahkan kontak lain yang bisa dihubungi, contohnya seperti menggunakan messenger (WhatsApp, Line, BBM). Ini bisa membantu para customer menjawab segala keraguan yang mereka rasa terkait produk-produk yang dijual di toko online tersebut. Karena jika mereka merasa ragu, mereka bisa menghubungi kita untuk bertanya-tanya sebelum mereka memutuskan untuk membeli.

 

3. Strategi Upsell dan Cross-sell

Setiap toko online ternama yang sering kita kunjungi menawarkan suatu cara untuk menampilkan produk yang relevan kepada customer nya. Mereka menambahkan produk upsell dan cross-sell pada produk-produk yang ada di website mereka. Kita pun bisa menirunya di toko online milik sendiri, hanya saja mungkin produk-produk yang dijual berbeda dengan mereka. Jika kita tidak melakukan hal seperti ini, maka kita akan kehilangan banyak penjualan.

 

Upselling adalah salah satu strategi untuk mendorong customer membeli produk yang sejenis dengan produk yang mereka lihat, namun produk yang tawarkan memiliki nilai harga jual atau margin yang lebih tinggi dari produk utama yang dilihat.

 

Baca Juga : 4 Cara Mudah Meningkatkan Penjualan Toko Online Anda

 

Cross-sell  adalah suatu strategi untuk mendorong customer membeli suatu produk yang mereka ingin beli atau produk yang menarik untuk mereka. Produk ini adalah produk pelengkap yang ditujukan untuk melengkapi produk utama yang mereka beli.

 

7 Cara Mudah Agar Toko Online Berkembang Dan Menghasilkan

Cross-Sell dan Upsell via graspmo.com

 

Produk-produk upsell dan juga cross-sell ditampilkan pada suatu halaman di toko online selama proses checkout. Kita bisa gunakan cara ini untuk meningkatkan penjualan yang terjadi di toko online milik kita. Kita bisa mencoba menawarkan produk upsell dan cross-sell pada saat para customer sedang menambahkan barang ke dalam keranjang belanja mereka. Pastikan produk yang kita tawarkan adalah produk yang tepat dan menarik minat customer.

 

4. Cobalah Tawarkan Pengiriman Gratis Ke Customer

Berbagai studi mengatakan bahwa banyak customer tidak suka untuk membayar pengiriman barang, dan itu salah satu alasan banyak customer terkadang membatalkan pembelian karena tidak mau membayar biaya pengiriman (jarang sekali kejadian, namun pernah ada).

 

Jika toko online kita ingin mendapatkan banyak pelanggan yang terus-menerus mengunjungi toko online kita, maka akan lebih baik jika kita memberikan layanan pengiriman gratis di toko online. Contoh saja beberapa toko online ternama saat ini banyak yang memberikan layanan pengiriman gratis.

 

Bagian tersulit saat menambahkan layanan pengiriman gratis di toko online adalah kita harus mengurangi margin. Dengan begitu kita pun juga harus meningkatkan penjualan secara keseluruhan agar toko online yang kita miliki tidak merugi.

 

Walau promo pengiriman gratis adalah promo yang sangat efektif untuk mendorong customer mengunjungi toko online kita, namun janganlah jadikan promo ini menjadi promo utama di toko online yang kita miliki. Gunakan promo-promo yang lain agar toko online terus berinovasi.

 

5. Jangan Lupa Untuk Memberikan Ucapan Terimakasih Kepada Customer

Jangan lupa memberikan ucapan terimakasih kepada pembeli di toko online kita, jangan lupa bahwa toko online bisa berkembang karena ada mereka. Kita bisa mengirimkan ucapan terimakasih dengan menggunakan email yang memakai bahasa yang lebih personal agar terlihat akrab ke para customer kita. Walau terlihat sepele, namun ini sangat berarti bagi customer, karena mereka merasa sangat dihargai.

 

Ucapan terimakasih juga bisa kita gunakan sebagai media untuk meningkatkan penjualan di toko online kita. Kita bisa memberikan kupon diskon, kode promo, penawaran khusus di email saat kita mengirimkan ucapan terimakasih melalui email ke mereka.

 

Baca Juga : 5 Cara Meningkatkan Konversi Penjualan Dengan Memanfaatkan Thank You Page

 

6. Jaga Agar Website Toko Online Kita Tidak Mengalami Error

Jika website toko online mengalami error, contohnya servernya down, itu akan sangat fatal sekali terhadap perkembangan toko online kita. Kita akan kehilangan banyak sekali potensi pembelian jika website toko online mengalami kerusakan.

 

Perusahaan besar pun juga terkadang sering melakukan kesalahan di website toko onlinenya. Agar toko online kita tidak mengalami hal semacam itu, maka akan lebih baik jika kita manfaatkan waktu sejenak untuk mencari tahu apakah website kita mengalami kerusakan atau tidak.

 

Coba jadilah seorang customer di website sendiri, posisikan diri kita sebagai customer. Cek satu per satu fitur di website toko online, apakah semua berfungsi ataukah tidak. Pastikan juga kecepatan website kita bagus agar pengunjung toko online bisa dengan mudah mengunjungi website toko online kita tanpa perlu menunggu lama, yang terkadang membuat pengunjung menjadi bosan.

 

Kita bisa menggunakan layanan Google Page Speed berikut ini untuk melihat apakah website toko online kita sudah memiliki kecepatan yang bagus ataukah tidak. Berikut ini hasil Google Page Speed dari website Meetechno (kecepatannya masih jauh dari kata bagus).

 

6 Cara Mudah Agar Toko Online Berkembang Dan Menghasilkan

Hasil Google Pege Insight Meetechno

 

Kesimpulan

Hal-hal yang kita pikir sepele ternyata bisa berdampak sangat bagus untuk perkembangan website toko online kita. Dalam menjalankan sebuah bisnis toko online pun kita tak boleh langsung merasa cepat puas, apabila suatu promo sangat berhasil dijalankan di toko online kita, coba juga promo-promo yang lain. Intinya adalah teruslah berinovasi untuk melayani customer toko online dengan lebih baik. Buatlah toko online menjadi lebih menghasilkan. Semoga bermanfaat!

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan