Tools Untuk Blogger yang Dapat Membuat Konten Menjadi Berkualitas

Jika kita berbicara tentang konten, tentu bukanlah hal yang asing lagi bagi kebanyakan blogger. Terlebih konten adalah salah satu bagian yang paling penting di dalam sebuah blog. Untuk membuat konten agar lebih berkualitas tentunya dibutuhkan banyak ide-ide yang menarik agar konten tersebut disukai oleh banyak orang. Agar kita terbantu saat membuat konten yang berkualitas untuk blog kita, ada beberapa tool untuk blogger yang dapat digunakan untuk membantu dalam pembuatan konten.

 

Tool Untuk Blogger

Beberapa Tool Untuk Blogger Mungkin Sangat Membantu, Beberapa Lagi Mungkin Hanya Membantu

 

Namun sebelum kita menggunakan banyak tools, berikut ini ada beberapa alasan kenapa kita harus menggunakan tools dalam pembuatan konten untuk blog kita.

 

Tujuan Utama Penggunaan Tool Untuk Blogger

Tools disini memberikan banyak sekali manfaat untuk kita dalam pembuatan konten, mulai dari mendapatkan ide konten, optimasi konten, dan mempromosikan konten. Keberadaan tools adalah untuk membantu para blogger menciptakan suatu konten yang berkualitas dan memberikan informasi lebih untuk orang lain. Tentu kita memiliki beberapa tujuan dalam setiap pembuatan konten untuk blog kita, namun kebanyakan blogger memiliki 2 tujuan yang sama.

 

Yaitu:

  • Membuat konten dengan pembahasan yang berkualitas
  • Membuat konten agar konten tersebut bisa lebih populer baik itu bagi mesin pencari maupun para pembaca.

 

Dari sini kita ambil kesimpulan bahwa tools dapat membantu konten di dalam blog kita bisa lebih berkualitas dan juga bermanfaat untuk orang lain. Berikut ini kami berikan beberapa tools-tools pilihan yang dapat membantu kita untuk menemukan ide konten, optimasi konten, dan mempromosikan konten.

 

Menemukan Ide Konten

Kenapa suatu blog bisa dikatakan membosankan? Karena blog tersebut terdapat konten yang diciptakan tidak dengan riset atau kehabisan ide sehingga pemilik blog membuat konten dengan topik yang itu-itu saja. Untungnya ada beberapa tool yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan ide topik untuk blog kita, seperti berikut ini:

 

1. QuickSprout

QuickSprout

Tampilan QuickSprout via quicksprout.com

 

QuickSprout ini adalah website yang dapat kita gunakan untuk menganalisa website kita sendiri. Selain itu QuickSprout dapat digunakan untuk mencari ide konten untuk blog. Tool untuk blogger ini mudah sekali digunakan, caranya masukan alamat blog yang menurut kita menarik, bisa juga alamat blog kita sendiri. Lalu setelah itu klik Social Media Analysis. Setelah itu akan muncul daftar konten yang populer yang dapat kita jadikan sebagai contoh untuk konten blog kita.

 

2. Quora

Quora

Tampilan Quora via quora.com

 

Quora ini adalah situs tanya jawab seperti Yahoo Answer, namun kami rasa situs ini lebih berkualitas dibandingkan Yahoo Answer. Cara menggunakan Quora sangat mudah, kita hanya cukup follow topik-topik yang relevan dengan kita, lalu kita akan disuguhkan beberapa tanya jawab yang populer pada situs tersebut. Biasanya situs ini memberikan jawaban yang sangat bagus untuk beberapa pertanyaan yang populer di situs ini. Dengan melihat pertanyaan dan jawaban yang tersedia di situs ini, kita bisa dengan mudah mendapatkan ide-ide yang menarik untuk konten blog kita.

 

3. BuzzSumo

Buzzsumo

Tampilan Buzzsumo via buzzsumo.com

 

BuzzSumo ini adalah salah satu tool untuk blogger yang paling populer dan banyak sekali digunakan untuk mendapatkan ide-ide konten yang menarik. Cara penggunaan nya sangat mudah, cukup memasukkan kata kunci yang ingin kita cari di BuzzSumo. Setelah itu kita akan disuguhkan beberapa konten yang relevan dengan kata kunci yang dimasukan. Konten-konten yang disuguhkan adalah konten-konten yang populer, selain itu kita juga bisa melihat statistik di social media, seperti jumlah share.

 

Tentu kita bisa menggunakan tool ini untuk membantu kita dalam membuat konten yang populer, seperti mengetahui konten seperti apa yang populer.

 

4. HubSpot Blog Topic Generator

Hubspot Blog Topic Generator

Tampilan Hubspot Blog Topic Generator via hubspot.com/blog-topic-generator

 

Tool untuk blogger yang satu ini sangat mudah untuk digunakan. Cara menggunakan HubSpot Blog Topic Generator hanya cukup memasukkan 3 kata kunci, lalu kita akan disuguhkan topik yang sesuai dengan pencarian kita. Jadi, setelah menemukan ide topik untuk blog kita, maka selanjutnya tools yang akan kita gunakan adalah tools yang dapat mengoptimasi konten kita.

 

Mengoptimasi Konten Untuk Blog

Harus kita akui bahwa kesalahan terbesar para blogger pemula adalah terlalu banyak mengoptimasi konten pada blog. Seperti contohnya menumpuk kata kunci dalam satu artikel sehingga membuat artikel tidak terbaca dengan baik bagi manusia. Dengan bantuan tools, kita bisa meminimalisir kesalahan dalam mengoptimasi suatu konten untuk blog kita. Berikut ini beberapa tools yang dapat membantu untuk mengoptimasi konten agar konten menjadi lebih berkualitas.

 

1. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner ini tentu sudah banyak orang yang tahu kegunaannya. GKP ini menampilkan kata kunci yang sering dicari oleh orang-orang di mesin pencarian Google. Dengan melihat kata kunci apa yang dicari oleh banyak orang, kita bisa menggunakannya pada kata-kata untuk artikel kita seperti menempatkannya pada judul maupun beberapa teks di artikel blog kita. Jika bisa jangan terlalu berlebihan dalam mengoptimasi konten blog kita.

 

2. Yoast SEO Plugin

Para pengguna WordPress tentu tidak asing lagi dengan plugin ini. Tentu saja dengan plugin Yoast, kita bisa membuat konten yang terpotimasi dengan baik untuk mesin pencari maupun social media. Mungkin ada beberapa plugin untuk WordPress yang sejenis dengan Yoast SEO Plugin, namun kami menyarankan menggunakan plugin ini, karena plugin ini adalah plugin yang paling bagus untuk masalah SEO. Jadi, setelah kita mengoptimasi konten untuk blog, maka selanjutnya adalah mempromosikan konten di blog kita.

 

Mempromosikan Konten Blog

Tentu optimasi saja tidak cukup untuk membuat suatu konten menjadi populer, dibutuhkan promosi yang baik agar konten tersebut dapat populer. Berikut ini beberapa tools yang dapat membantu untuk mempromosikan konten blog kita, seperti:

 

1. Buffer

Buffer adalah tool yang membantu kita menjadwalkan konten yang akan kita terbitkan di social media.

 

2. Social Locker Plugin

Untuk pengguna WordPress, tool ini sangatlah membantu untuk mempromosikan konten di blog. Bagi yang memiliki konten yang berisikan gambar atau script program, tentu bisa menggunakan tool ini untuk membuat konten tersebut dapat dipromosikan dengan bantuan dari orang lain.

 

Bagaimana caranya? Cukup dengan mengunci sebagian atau seluruh konten yang dilihat oleh pengunjung, lalu jika orang ingin melihat konten yang terkunci tersebut, maka perlu share terlebih dahulu ke Facebook, Google+, atau Twitter.

 

Jika sudah melakukannya, maka konten yang berisikan gambar, script program, ataupun berisikan hal yang lainnya akan terbuka. Tool ini tentu membantu sekali untuk mempromosikan konten kita dengan bantuan orang lain tanpa kita perlu melakukannya sendiri. Namun gunakan lah tool ini secara bijak, salah menggunakan akan berdampak buruk terhadap reputasi blog.

 

Kesimpulan

Memang benar tools sangat membantu untuk membuat konten menjadi lebih berkualitas. Namun ada baiknya jika tools tersebut digunakan dengan bijak, karena ada juga beberapa tools yang dapat berdampak buruk jika digunakan secara  berlebihan, seperti tools yang disebutkan diatas. Tools sifatnya hanyalah membantu, konten yang berkualitas tentu bukan dinilai dari tools apa yang kita gunakan, namun konten yang berkualitas dapat dinilai dari seberapa besar manfaat konten kita untuk orang lain.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan