5 Design Tools yang Dapat Membantu Membangun Brand Bisnis Anda

Kita tentunya sudah harus memikirkan sebuah brand seperti apa yang mewakili bisnis kita sebelum kita memulai sebuah bisnis baik itu online maupun offline, oleh karena itu kenapa kita harus membangun brand bisnis sedari awal berbisnis. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa brand adalah jati diri dari suatu bisnis, brand adalah elemen utama dari setiap bisnis, tanpa brand, bisnis tentunya tidak akan berjalan secara sempurna. Sebelum kita kepembahasan utama, mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan brand.

 

Membangun Brand Bisnis

Membangun Sebuah Brand Bisnis

Apa itu Branding? dan Kenapa Kita Harus Membangun Brand Bisnis?

Secara singkat, brand, logo, identitas brand, dan branding adalah sebuah kata sederhana yang mengungkapkan jati diri dari suatu bisnis, semua memiliki peran yang berbeda namun secara bersamaan membentuk citra dan ditujukan untuk bisnis, ataupun suatu produk. Atau lebih tepatnya branding adalah meliputi logo dan bentuk visual yang lengkap dan dibuat dengan identitas sebuah merek yang kuat.

 

Mungkin secara gambaran kecil branding adalah seperti yang disebutkan diatas. Untuk membuat sebuah brand juga bukan sesuatu yang bisa dianggap mudah, tentu perlu pemikiran yang benar-benar matang sebelum membuat dan membangunnya.

 

Untuk memvisualkan sebuah brand, kita tentunya tidak perlu merasa kesulitan, lagipula saat ini di internet banyak sekali design tools yang bisa kita gunakan secara online untuk membuat identitas visual dari bisnis kita,seperti dari font, warna, pola, foto, logo, dan lainnya. Dan itu semua akan kita gunakan untuk membangun brand bisnis kita sendiri. Saat semua elemen disatukan, maka itu semua akan membentuk sebuah brand yang sempurna. Design tools apa saja yang bisa membantu untuk memvisualkan dan membangun brand bisnis kita?

 

1. Stock Photos & Images

Sebuah brand tentu memiliki identitas visual, dan elemen yang paling besar dari identitas bisnis kita di website adalah fotografi. Kenapa fotografi? Fotografi disini dimaksudkan seperti gambar, background, gambar slideshow, dan masih banyak lagi yang ada di web.

 

Tampilan Life of Pix

Life Of Pix via lifeofpix.com

 

Apabila kita ingin membangun brand bisnis kita sendiri, maka kita perlu menggunakan sebuah gambar yang benar-benar bisa menciptakan getaran dibalik cerita bisnis kita. Perlu kita ketahui bahwa materi iklan yang tersebar di internet saja menggunakan stock gambar dari website-website tertentu, oleh karena itu kenapa stock gambar dan fotografi lebih bisa menciptakan kesan tersendiri bagi bisnis kita.

 

Kita bisa mendownload gambar di Snapwire Snaps, atau Life of Pix, menggunakan stock gambar dan fotografi yang terdapat disana untuk membangun brand bisnis.

 

2. Style Tiles

Tools satu ini dapat memungkinkan kita untuk mengubah elemen dari brand bisnis kita seperti warna, font, bentuk, serta juga dapat mengubah prinsip-prinsip didalam desain seperti harmoni dan keseimbangan ke dalam bahasa visual, itu semua bertujuan untuk mempersiapkan brand bisnis kita untuk proses desain UX.

 

Tampilan Style Tiles

Style Tiles via styletil.es

 

Tentu saja kita bisa mencobanya dengan menggunakan Style Tiles, tools tersebut tentunya dapat membantu kita untuk membangun brand bisnis kita sendiri.

 

3. Adobe Color Wheel

Tampilan Adobe Color CC

Adobe Color Wheel via color.adobe.com

 

Kita bisa memilih warna apa yang pas saat kita membangun brand bisnis, dan warna yang dipilih juga akan mengungkapkan seperti apa identitas bisnis kita. Kita bisa menggunakan Adobe Color Wheel untuk menemukan warna yang pas untuk brand bisnis.

 

Untuk menggunakannya kita bisa membuka palet warna kita dengan klik setting pengaturan untuk mengetahui seperti apa tools tersebut  bekerja. Atau kita bisa menggunakan cara lain seperti mengupload gambar dari komputer kita dan kita bisa biarkan tools tersebut bekerja dengan memilih palet dari gambar yang sudah kita upload.

 

Untuk menyimpan palet warna yang sudah dibuat dengan tools ini, kita bisa menggunakan Adobe ID kita untuk menyimpannya. Setelah semua selesai, kita bisa menggunakan kembali palet tersebut dan menyambungkannya dengan Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop.

 

4. Creative Market

Tampilan Creative Market

Creative Market via creativemarket.com

 

Untuk mendapatkan konten-konten desain yang sesuai dengan apa yang kita inginkan, maka Creative Market inilah tempatnya. Kita bisa mencari desain-desain unik dan bagus di Creative Market, karena disini adalah pasarnya konten desain. Namun di situs-situs lain juga bisa kita gunakan, itu pun sesuai keinginan kita sendiri ingin menggunakan situs yang mana.

 

Kita dapat mendownload desain-desain yang ada disana, kita bisa mendownload template logo, tema wordpress, vintage script fonts, dan masih banyak lagi. Kita pastinya ingin mempunyai brand yang memiliki gaya yang indah maupun sempurna, dan apabila kita inginkan itu semua, maka Creative Market lah tempat yang bisa kita tuju untuk mendapatkan konten desain yang dapat membantu kita untuk membangun brand bisnis.

 

5. Canva

Tampilan Canva

Canva via canva.com

 

Jika kita membutuhkan sesuatu yang profesional, serta template desain yang mudah digunakan dan disesuaikan, maka kita bisa mencarinya di Canva. Disini kita bisa mencari gambar-gambar yang bisa kita gunakan untuk membuat sebuah ebook, infografik, kartu nama, dan lainnya.

 

Kita bisa menggunakan alat ini dengan mudah, hanya tinggal drag and drop objek-objek saja sampai desain yang dibuat sudah kita rasa cocok. Mengubah gambar, mengubah fonts, dan lainnya bisa kita lakukan disini, sehingga saat semuanya sudah selesai, kita sudah punya brand yang memiliki visual yang sempurna.

 

Kesimpulan

Setiap tools yang kita pilih untuk membantu membangun brand bisnis kita sendiri tentu memiliki kekurangan dan juga kelebihannya masing-masing, kita tentu tidak bisa berkata bahwa tools satu ini dan lainnya bagus, karena semua tools yang bisa digunakan di internet tentu memiliki fitur-fiturnya tersendiri.

 

Semua design tools yang sudah kami sebutkan tadi tentu bisa cocok dan juga bisa tidak cocok dengan bisnis anda, namun itu tidak perlu dipikirkan, karena dengan kita mengetahui tools-tools tersebut, maka kita bisa mengambil peluang dan menggunakan tools tersebut untuk bisnis kita secara online.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan